Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Batam Satu-satunya Pintu Masuk Pemulangan PMI dari Semenanjung Malaka
Oleh : Putra Gema
Sabtu | 08-05-2021 | 20:04 WIB
PMI-swab-ulang.jpg Honda-Batam
PMI dari Malaysia mengikuti swab ulang setelah tiba di Pelabuhan Internasional Batam Center, Sabtu (8/5/2021). (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kota Batam saat ini menjadi satu-satunya pintu masuk pemulangan PMI dari Semenanjung Malaka ke Indonesia. Hal tersebut membuat Pemprov Kepri, Pemko Batam dan jajaran Forkopimda harus bekerja keras untuk memfasilitasi pemulangan ribuan PMI ini.

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menyampaikan, sebelumnya, terdapat 3 pintu pemulangan PMI dari Semenanjung Malaka.

"Kalau dari Semenanjung Malaka itu sebelumnya kan ada 3 pintu, yakni Tanjung Balai Asahan, Dumai dan Kota Batam. Tetapi karena lokasi karantina di dua daerah itu sudah penuh, saat ini pintu masuk pemulangan PMI hanya dari Kota Batam," kata Tito, seusai melakukan pemantauan pemulangan PMI dari Malaysia di Pelabuhan Internasional Batam Center, Sabtu (8/5/2021).

Lanjut Tito, hal tersebut jelas membuat Pemprov Kepri dan Pemko Batam akan menanggung beban berat dalam pemulangan ribuan PMI dari Semenanjung Malaka ini.

"Otomotasi beban jadi cukup tinggi, oleh karena Bapak Presiden (Joko Widodo) sudah berkordinasi melalui Panglima TNI, ini perlu penanganan khusus PMI. Makanya penanganan dikomandoi rekan-rekan TNI. Baik Pangdam maupun Danrem," ungkapnya.

Untuk pembiayaan pemulangan PMI ini sendiri, Tito mengungkapkan, diserap dari APBD dan APBN. Anggaran APBN melalui BNPB RI.

"Maka dari itu, untuk segala kekurangan Ketua Satgas harus terus berkordinasi dengan BNPB agar cepat terselesaikan. Saya besok juga akan sampaikan hal ini ke Pak Doni (Kepala BNPB RI) agar segalanya berjalan lancar," tutupnya.

Editor: Gokli