Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mendagri Minta Menlu Bantu Pemulangan PMI Ilegal dari Malaysia
Oleh : Putra Gema
Sabtu | 08-05-2021 | 18:04 WIB
Tito-minta-Menlu.jpg Honda-Batam
Mendagri Tito Karnavian menggelar konfrensi pers usai meninjau pemulangan PMI dari Malaysia di Pelabuhan Internasional Batam Center, Sabtu (8/5/2021). (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian bakal berkoordinasi dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi untuk memulangkan Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal yang berada di Malaysia.

Ditemui seusai melakukan pemantauan pemulangan PMI dari Malaysia di Pelabuhan Internasional Batam Center, Tito mengaku, dalam waktu dekat akan berkoordinasi dengan Menlu untuk pengawasan pemulangan PMI ilegal.

"Karena kita tahu ada beberapa PMI yang masuk ke sana (Malaysia) melalui jalur ilegal dan mereka pasti juga mau pulang ke Indonesia, harus kita fasilitasi," kata Tito, Sabtu (8/5/2021).

Lanjut Tito, dirinya juga akan meminta Menlu untuk menerbitkan Surat Perjalanan Laksana Paspor untuk para PMI yang tidak memiliki surat-surat resmi tersebut. "Agar para PMI ini tidak lagi pulang melalui jalur ilegal dan menguntungkan para mafia perdagangan orang," tegasnya.

Sebagaimana diketahui, pemulangan PMI kali ini sebanyak 64 PMI melalui Pelabuhan Situlang Laut, Malaysia menggunakan kapal Oceanna 7.

Editor: Gokli