Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ragam Prospek dan Jenis Pekerjaan untuk Lulusan Kuliah Bidang Perhotelan
Oleh : Redaksi
Sabtu | 08-05-2021 | 17:48 WIB
SDM-perhotelan.jpg Honda-Batam

PKP Developer

SDM perhotelan dari Batam Tourism Polytechnic (BTP). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tertarik untuk berkarier di industri perhotelan? Tahukah kamu, ada begitu banyak jenis pekerjaan dan jalur karier yang dapat kamu tempuh di industri ini? Yuk, simak penjelasan selengkapnya!

Perkembangan industri perhotelan diyakini akan terus meningkat. Industri hotel juga menawarkan beragam jalur karier yang menarik dan prospektif. Tidak heran, hingga kini banyak generasi muda yang menempuh pendidikan di bidang perhotelan demi menjadi profesional di industri ini.

Apakah kamu salah satunya? Ketahui lebih jauh dan simak beberapa jenis pekerjaan yang dapat kamu tempuh usai lulus nanti, yang telah dirangkum oleh Batam Tourism Polytechnic (BTP), salah satu politeknik swasta terbaik di bidang pariwisata di Batam, Kepulauan Riau. Berikut ulasannya:

1. Bidang Pelayanan Tamu

Bidang pelayanan menjadi bagian kerja yang wajib ada di setiap hotel. Pada dasarnya, para profesional di bidang ini bertanggung jawab untuk memberikan pengalaman terbaik bagi para pengunjung. Karena itu, bidang ini akan sangat cocok bagi kamu yang senang bertemu orang baru.

- Resepsionis

Resepsionis atau yang biasa disebut Front Desk Clerks merupakan staf yang berperan sebagai garda terdepan dalam pelayanan tamu. Bidang pekerjaannya mencakup berbagai hal, mulai dari melayani pemesanan kamar hotel, memeriksa ketersediaan kamar, hingga mengumpulkan pembayaran.

- Porter

Porter alias staf pengangkut barang merupakan salah satu dari banyaknya posisi staf pendukung di industri perhotelan. Jenis pekerjaan ini secara khusus bertugas untuk menangani kebutuhan bagasi tamu, seperti membawa koper ke kamar atau lobi serta mengantar tamu ke kamar.

- Concierge

Concierge atau pramutamu bertugas untuk memenuhi beragam kebutuhan tamu, seperti membuat reservasi untuk restoran, transportasi, hingga hiburan. Untuk menjadi seorang concierge, tentu dibutuhkan keterampilan customer service yang baik dan mampu menangani berbagai jenis tamu.

- Waiter/Waitress

Jenis pekerjaan waiter/waitress alias pramusaji biasa ditemukan pada hotel yang memiliki restoran dan bar. Seorang pramusaji berinteraksi langsung dengan para tamu, mulai dari menerima pesanan, menyajikan hidangan, hingga menerima pembayaran.

2. Bidang Pembersihan dan Pemeliharaan

Kualitas pelayanan sebuah hotel tentu tidak dapat terlepas dari aspek kebersihan dan pemeliharaan fasilitas. Kedua aspek ini secara spesifik memiliki staf khusus, yaitu bidang housekeeping dan maintenance.

- Housekeeper

Housekeeper merupakan jenis pekerjaan yang bertanggung jawab untuk menjaga standar kebersihan di keseluruhan hotel, mulai dari kamar, lobi, hingga layanan fasilitas lainnya. Untuk bekerja di bidang housekeeping, kamu perlu mengembangkan ketelatenan dan stamina fisik yang kuat.

- Maintenance Staff

Maintenance staff bertugas untuk memastikan seluruh fasilitas hotel dapat berjalan dengan baik. Misalnya saja, pemeriksaan dan perbaikan di bagian lift, perlengkapan listrik dan lampu, serta aspek teknis lainnya.

3. Bidang Administrasi

Terdapat berbagai peran administratif di industri perhotelan yang menangani penganggaran dan keuangan, pemasaran dan periklanan, serta manajemen operasional secara keseluruhan.

- Hotel Manager

Seorang manajer hotel bertugas untuk mengawasi keseluruhan operasional hotel, termasuk mempekerjakan dan melatih staf, menetapkan standar layanan tamu, hingga menetapkan dan menegakkan kebijakan.

- Sales & Marketing

Aspek pemasaran hotel menjadi salah satu aspek krusial untuk memperkenalkan hotel ke calon pengunjung. Hal ini merupakan tanggung jawab dari tim sales & marketing untuk menetapkan tujuan periklanan dan melakukan langkah strategis guna mempromosikan hotel.

- Purchasing

Seperti namanya, jenis pekerjaan satu ini bertugas untuk melengkapi produk dan perlengkapan hotel, seperti seprai dan handuk, bahan makanan, peralatan makan, hingga perlengkapan kamar tamu lainnya.

- Akuntan

Pengelolaan keuangan di industri perhotelan dilakukan oleh tim akuntan dengan beberapa cakupan pekerjaan, seperti pencatatan transaksi pendapatan, pengeluaran, hingga pajak.

"Itu dia beberapa jenis pekerjaan yang dapat kamu eksplorasi dan dalami di industri perhotelan. Melalui keragaman jalur karier yang tersedia, kamu pun dapat mengembangkan diri dan karier sesuai dengan minat dan keterampilan yang spesifik," mengutip siaran pers BTP, Sabtu (8/5/2021).

Tertarik dengan industri hospitality dan ingin mendalami lebih jauh? Perguruan tinggi merupakan pilihan tepat yang dapat membentukmu menjadi SDM yang unggul dan kompeten. Kamu bisa bergabung dengan keluarga besar Batam Tourism Polytechnic (BTP). Kunjungi situs BTP http://www.btp.ac.id untuk informasi tentang pendaftaran, pendidikan politeknik pariwisata dan #FutureTourismStartsHere.

Editor: Gokli