Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sekdaprov Kepri Minta Seluruh OPD Gesa Penyerapan Anggaran Pembangunan 2021
Oleh : Redaksi
Rabu | 21-04-2021 | 11:00 WIB
sekda-kepri-new11112.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Sekdaprov Kepri, H TS Arif Fadillah. (Dok BTD)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pemerintah Provinsi Kepri menggesa seluruh Organisasi Perangkat Daerah OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepri untuk segera menggesa penyerapan anggaran pembangunan Tahun Anggaran 2021 dalam Minggu ini.

Pasalnya, penyerapan dan realisasi anggaran tahun anggaran 2021 hingga saat ini masih minim dikarenakan perubahan sistem dari SIMDA ke SIPD.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Kepri H. TS. Arif Fadillah di Tanjungpinang, Selasa (20/4/2021).

"Kita gesa penyerapan anggaran di tingkat OPD dapat segera digesa dalam Minggu ini, sehingga Minggu depan dapat dijalankan,''ujar Arif.

BACA JUGA: Serapan Anggaran APBD 2021 Macet, DPRD Kepri Bisa Gunakan Hak Interpelasi

Dikatakan Arif, penyerapan dan realisasi anggaran pada triwulan pertama tahun 2021 ini jauh terlambat dari yang di targetkan.

"Sehingga kedepannya kita bisa segera memperbaiki progress penyerapan dan realisasi anggaran tahun 2021 ini " jelas Arif.

Sebelumnya, lanjut Arif penyerapan anggaran APBd Kepri pada triwulan pertama tahun 2021 baru mencapai 6 persen.Yangmana, keterlambatan penyerapan anggaran ini disebabkan perubahan sistem dari SIMDA ke SIPD.

"Untuk itu kita telah meminta dan berkoordinasi dengan Kemendagri untuk memberikan pendampingan dan kelonggaran terkait sistem pengelolaan dengan menggunakan SIMDA," ungkap Arif.

Nantinya, dengan koordinasi dan pendampingan oleh Kemendagri nantinya sistem pengelolaan keuangan ini khususnya pada pelaporan keuangan dengan menggunakan sistem SIPD.

Editor: Yudha