Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapolsek Serasan Sosialisasikan Bahaya Karhutla di Desa Jermalik Natuna
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 05-03-2021 | 18:36 WIB
sos-karhutla-jemarik.jpg Honda-Batam
Kapolsek Serasan, Ipda Lundu Herryson Sagala saat sosialisasi bahaya Karhutla di Desa Jermalik, Natuna, Jumat (4/3/2021). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Kapolsek Serasan, Ipda Lundu Herryson Sagala, kerap mengadakan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di tengah masyarakat.

Pasalnya, pembakaran hutan dan lahan yang menjadi penyebab terjadinya polusi udara di berbagai wilayah, harus sedini mungkin dicegah dan diantisipasi.

Kali ini, Kapolsek LH Sagala melaksanakan sosialisasi di Desa Jermalik, Kecamatan Serasan Induk, Kabupaten Natuna, Jumat (05/03/2021). Turut hadir dalam kegiatan ini, Pjs Kepala Desa Jermalik, Rogen; Kasi PMD Kecamatan Serasan Induk, Flora; Tokoh Pemuda, Tokoh masyarakat, warga setempat dan undangan lainnya.

Kapolsek LH Sagala menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan selain menjalin silaturahmi, juga untuk memberikan imbauan kepada warga Desa Jermalik agar tidak melakukan pembukaan hutan dan lahan dengan cara membakar.

Dikatakannya, selain menimbulkan polusi udara, pembakaran hutan dan lahan dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan dan musnahnya ekosistem.

Lebih lanjut Herryson mengimbau masyarakat untuk tidak lagi membakar hutan dan lahan, karena apabila terbukti membakar walau tujuannya membersihkan kebun, akan diproses hukum dengan sanksi penjara 15 tahun dan denda Rp 15 miliar.

Dalam kesempatan ini, dia menjelaskan Undang Undang RI nomor 39 tahun 2014, Pasal 108, setiap pelaku usaha perkebunan yang membuka atau mengelola lahan dengan cara membakar sebagiamana diatur Pasal 56 ayat (1), di pidana penjara maksimal 10 tahun dan denda maksimal Rp 10 miliar, serta Undang Undang RI nomor 41 tahun 1999, Pasal 78 ayat (3) tentang Kehutanan dengan ancaman pidana penjara 15 tahun dan denda Rp 15 miliar.

"Oleh karenanya, saya berharap kepada masyarakat Desa Jermalik, apabila melihat melakukan aksi pembakaran hutan dan lahan agar segera melapor kepada Kepolisian melalui Bhabinkamtibmas Desa Jermalik untuk dilakukan penindakan atau pencegahan dini," tandasnya.

Editor: Gokli