Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hari Ini, 3.480 Dosis Vaksin Covid-19 Tiba di Kabupaten Karimun
Oleh : Freddy
Selasa | 26-01-2021 | 19:22 WIB
vaksin-karimun.jpg Honda-Batam
Serah terima vaksin Covid-19 dari Pemprov Kepri ke Pemkab Karimun, Selasa (26/1/2021). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Ribuan vaksin Covid-19 produksi Sinovac yang diangkut dari Kota Tanjungpinang dengan menggunakan kapal speed boat Sea Eagle telah tiba di Kabupaten Karimun, Selasa (26/1/2021).

Vaksin Covid-19 sebanyak 3.480 Vial atau dosis yang tiba di Pelabuhan Domestik Tanjungbalai Karimun tersebut sudah dikemas dalam dua kardus besar dan dikawal aparat kepolisian bersenjata lengkap serta dikawal kapal patroli Ditpolair Polda Kepri.

Sebelum disimpan di Gudang Farmasi milik Pemerintah Daerah, vaksin Covid-19 tersebut dibawa ke dalam Gedung Nasional Tanjungbalai Karimun untuk dilakukan serah terima dari Pemerintah Provinsi Kepri kepada Pemerintah Kabupaten Karimun.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengucapkan syukur alhamdulillah. "Walaupun hari ini masih menghadapi pandemi Covid-19, tetapi kita semua masih dalam kondisi sehat walafiat," ucapnya.

Aunur Rafiq pada kesempatan tersebut menyampaikan data terakhir perkembangan Covid-19 di Kabupaten Karimun, dari 12 kecamatan, 4 kecamatan masih berstatus Zona Orange, 3 kecamatan berstatus Zona Kuning serta 5 kecamatan berstatus Zona Hijau yakni kecamatan Belat, Ungar, Buru, Moro dan Durai.

"Hari ini merupakan momentum bersejarah untuk Karimun, di mana dalam rangka pengendalian wabah Covid-19, serta akan dimulainya vaksinasi Covid-19," ujar Aunur Rafiq.

Dijelaskan Aunur Rafiq, vaksin Covid-19 yang diterima hari ini merupakan tahap pertama dengan jumlah sebanyak 3.480 dosis yang dipergunakan untuk dilakukan vaksinasi pada 1.740 orang, yang tahap awal ini diprioritaskan kepada tenaga kesehatan.

Ia juga berterimakasih kepada Pemerintah Pusat yang telah memberikan vaksin Covid-19 melalui Pemerintah Provinsi Kepri. Dengan diterimanya vaksin Covid-19 tersebut, program vaksinasi akan dimulai di Kabupaten Karimun.

Kata Aunur Rafiq, vaksin Covid-19 merupakan virus yang dilemahkan dan sudah diuji para pakar di bidangnya serta dinyatakan aman dan halal. "Jadi kita semua jangan merasa ragu atau takut untuk dilakukan vaksinasi Covid-19 Sinovac karena sudah dilakukan pengujian oleh para ahli dan pakarnya," jelasnya.

Disampaikannya, tidak semua orang bisa dilakukan vaksinasi Covid-19 karena untuk seseorang mendapatkan vaksinasi harus terlebih dahulu memenuhi sejumlah kreteria indikator, baik itu terkait masalah batasan usia seseorang, penyakit yang sedang diderita seseorang serta ada 15 kreteria lainnya.

Selanjutnya, Aunur Rafiq berharap mulai hari ini dilakukan sosialisasi secara berkesinambungan melalui media massa maupun media lainnya, termasuk lewat tim yang sudah dibentuk Pemkab Karimun.

Sementara Sekda Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah mengatakan, hari ini vaksin Covid-19 produksi Sinovac untuk Kabupaten Karimun sudah sampai di Karimun. "Tahap pertama, vaksin Covid-19 yang diantar ke Kabupaten Karimun sebanyak 3.480 dosis dan diperuntukkan kepada tenaga kesehatan," kata Arif Fadillah.

Editor: Gokli