Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ditemukan Nelayan, Benda Mirip Drone Laut Diamankan di Mako Lanal Tarempa
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 21-01-2021 | 19:52 WIB
mirip-rudal.jpg Honda-Batam
Prajurit Lanal Tarempa saat mengevakuasi benda mirip drone laut temuan nelayan Dusun Mentalip, Kamis (21/1/2021). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Lanal Tarempa mengamankan benda mirip drone, yang ditemukan nelayan Dusun Mentalip, Desa Air Putih, Kecamatan Siantan Timur, Kepulauan Anambas. Upaya tersebut, diakui untuk menghindari keresahan di tengah masyarakat.

"Kita baru mengamankan benda mirip drone tersebut dari Mentalip. Saat ini sudah benda tersebut sudah di Mako Lanal Tarempa," kata Danlanal Tarempa, Letkol Laut (P) Erfan Indra Darmawan, Kamis (21/1/2021).

Danlanal menambahkan, untuk proses identifikasi akan diserahkan kepada Mabes AL. Pasalnya, hanya Mabes yang memiliki alat serta tenaga ahli identifikasi benda tersebut.

"Benda tersebut akan dikirim ke Mabes AL menggunakan KRI. Kita masih menunggu penjemputan oleh KRI. Nanti Pak KASAL yang menginformasikan ke publik, apabila sudah selesai diidentifikasi," ucapnya seraya belum bisa memastikan jenis benda tersebut.

Terkait lamanya benda tersebut diamankan, Erfan mengakui, kondisi cuaca menjadi kendala utama. Pasalnya, benda tersebut ditemukan warga Mentalip, Selasa sore kemarin, dan langsung melaporkan kepada pihak berwajib.

"Kendala kita adalah cuaca. Tadi, setelah berkoordinasi dengan BMKG, kita langsung gerak ke lokasi (Mentalip)," jelasnya.

Di tempat terpisah, Kepala Desa Air Putih, Azam Bazir mengatakan, saat ini masyarakat tidak begitu resah atas keberadaan benda tersebut. "Meskipun benda itu belum diketahui jenisnya, tetapi keberadaan benda itu menghadirkan keresahan di tengah masyarakat, karena benda itu merupakan milik negara lain. Dan bentuknya hampir menyerupai rudal," jelasnya.

Editor: Gokli