Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tahun Ini, 1.430 KPM di Sagulung Tak Dapat BPNT Kemensos
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 16-01-2021 | 16:52 WIB
bpnt-2021-sagulung.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad saat membagikan BPNT Kemensos tahap I di tahun 2021 di Kecamatan Sagulung, Sabtu (16/1/2021). (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 1.430 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kecamatan Sagulung, Kota Batam tak dapat bantuan dari Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Sebab, datanya mereka telah terblokir.

Perbaikan data yang dilakukan Kemensos RI tahun 2021, data penerima BPNT di Kecamatan Sagulung berkurang. Hal tersebut dikarenakan banyak data yang diblokir.

Pada tahun 2020 lalu, terdapat 5.081 KPM di Kecematan Sagulung, namun pada tahun 2021 ini data tersebut menjadi 3.651 KPM.

Saptono, Ketua Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Sagulung, mengatakan Pemerintah Pusat melakukan perbaikan data penerima BPNT. "Saat dilakukan perbaikan, ternyata banyak data warga, di mana NIK yang ada di dalam KTP tidak sesuai. Ini rata-rata yang menjadi persoalannya," kata Saptono, Sabtu (16/1/2021).

Ia menjelasakan, kesalahan tersebut bukan berada di pencacah, tetapi berada di administrasi kependudukan, malalui perangkat RT/RW, Lurah hinga Kecamatan.

"Jadi nomor NIK-nya di KTP tidak benar, ini yang menjadi temuan Kemensos sehingga melakukan pemblokiran kartu KPM yang sudah dimiliki masyarakat," kata Saptono.

Saptono juga mengimbau kepada KPM yang kartunya diblokir agar melakukan pendaftaran ke Kantor Camat di bidang Kesra. "Nanti di Kantor Camat data KPM akan dicatat dan dilaporkan ke pusat untuk dilakukan perbaikan," kata Saptono.

Editor: Gokli