Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kesbangpol se-Kepri Rumuskan Aksi Pemetaan Pilkada 9 Desember 2020
Oleh : Hadli
Jumat | 04-12-2020 | 17:40 WIB
kesbangpol-se-kepri.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Pjs Gubernur Kepri, Bahtiar Burhanudin bersama Sekdaprov dan Kepala Kesebangpol se-Kepri. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota/Kabupaten se-Provinsi Kepulauan Riau merumuskan rencana aksi pemantauan Pilkada serentak 9 Desember mendatang.

Rencana pemantauan Pilkda ini disampaikan dalam diskusi Forum Kesbangpol Provinsi Kepulauan Riau yang digelar di Hotel Harmony One, Batam Centre, Kamis (03/12/2020).

Kesbangpol se-Kepri itu akan melakukan analisa dan evaluasi terhadap proses pemantauan Pilkada serentak 2020 di Provinsi Kepulauan Riau yang pada tahun ini dilaksanakan untuk memilih calon Gubernur dan Wakil Gubernur serta calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota serta Bupati dan Wakil Bupati di 6 kota/kabupaten, kecuali Kota Tanjungpinang.

Kegiatan juga dihadiri Ditintelkam Polda Kepri, Wakil Ketua I DPRD Kepri dan Kepala Dinas Kominfo Kepri yang menyampaikan beberapa isu strategis dan peranan masing-masing guna dikordinasikan dengan Bakesbangpol Kota/Kabupaten se-Kepri.

Selain itu, juga turut hadir para pengurus forum mitra Bakesbangpol se-Kepri, yaitu Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) dan Forum Kordinasi Pemberantasan Terorisme (FKPT).

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah dan Pjs Gubernur Kepulauan Riau juga turut hadir guna membuka kegiatan dan memberikan arahan terkait kebijakan-kebijakan Pemerintah Provinsi Kepri baik yang telah maupun yang akan dilakukan guna dikordinasikan ke Bakesbangpol se-Provinsi Kepri dan mitra-mitra forumnya untuk mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada Serentak di Kepri tahun 2020 ini.

Pjs Gubernur Kepri, Bahtiar Baharudin menggaris bawahi penerapan protokol kesehatan dan pentingnya partisipasi masyarakat pada Pilkada tahun ini. "Selain protokol kesehatan yang harus dijaga dengan ketat, partisipasi masyarakat juga harus didorong untuk tetap tinggi, Bakesbangpol se-Kepri harus turut berperan aktif mengkampanyekan ke masyarakat bahwa sangat aman untuk datang ke TPS karena protokol kesehatan diterapkan dengan ketat," tuturnya.

Untuk itu, pria berdarah Bugis yang akan mengakhiri masa jabatannya sebagai Pjs Gubernur pada 5 Desember 2020 ini meminta agar seluruh jajaran Bakesbangpol se-Kepri dapat turun langsung secara maksimal memantau dan mendukung pelaksanaan Pilkada.

Kepala Bakesbangpol Kota Batam, Riama Manurung, menyampaikan kesiapan jajarannya dalam mendukung pelaksanaan Pilkada serentak tahun ini. "Baik melalui desk Pilkada yang telah terbentuk sejak Oktober lalu, maupun melalui peran Bakesbangpol sendiri, kami telah melakukan banyak langkah-langkah guna turut mensukseskan Pilkada kali ini," kata Riama.

Ia menambahkan, selain membangun koordinasi yang baik dengan penyelenggara dalam hal ini KPU dan Bawaslu, pihaknya juga telah melakukan Dialog Kebangsaan Bersama Polda Kepri guna mensosialisasikan 12 hal baru di TPS pada Pilkada tahun ini kepada seluruh Ormas binaan Bakesbangpol Batam.

Riama melanjutkan bahwa selain langkah-langkah yang dilakukan secara kelembagaan, juga secara pribadi sebagai pimpinan dan seluruh jajaran Bakesbangpol Kota Batam turut mengkampanyekan secara aktif notifikasi hitung mundur Pilkada 2020 melalui poster yang kami sebarkan secara online ke berbagai platform aplikasi media sosial guna mendorong tercapainya target partisipasi pemilih pada Pilkada kali ini yakni 77,5%.

"Pada kesempatan ini juga, kami Bakesbangpol Kota Batam mengucapkan terima kasih atas pengabdian Bapak Bahtiar menjalankan tugas sebagai Pjs. Gubernur Kepri yang akan berakhir pada 5 desember nanti, harapan dan doa dari kami untuk pak bahtiar agar dapat semakin sukses dalam pengabdiannya di Kemdagri selepas selesai bertugas di Kepri nanti" tutup Riama Manurung.

Editor: Gokli