Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jalan Menuju Lobam Rusak, PT BSP: Operasi Dump Truck Kami Sesuai Klasifikasi Jalan
Oleh : Harjo
Kamis | 03-12-2020 | 19:07 WIB
laka-lobam.jpg Honda-Batam
Kecelakaan di jalan rusak Lobam, Bintan. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - PT Bintaninfo Sukses Perkasa (BSP) pemilik dump truck, angkat bicara terkait dugaan kendaraan milik mereka sebagai penyebab rusaknya jalan menuju Kawasan Industri Bintan (KIB) Lobam.

Di mana, diketahui PT BSP mengerjakan proyek penimbunan di PT Bintan Offshore Marine Centre (BOMC) Lobam.

Project Meneger PT BSP, Awi Darpa mengatakan, pihaknya sebelum melaksanakan kegiatan penimbunan dan mengangkut material menggunakan dump truck sudah melakukan perhitungan terkait beban kendaraan yang akan digunakan. Termasuk dilakukan analisa terhadap jalan yang boleh dilalui kendaraan.

"Kita juga sedang mencoba koordinasi dengan pemerintah setempat, terkait jalan tersebut masuk dalam kelas yang mana. Tetapi untuk semua kelas jalan masih diperbolehkan," ujar Awi, kepada BATAMTODAY.COM, Kamis (3/12/2020).

Karena menurutnya, kerusakan jalan bisa disebabkan oleh banyak hal, baik karena pengguna jalan lain yang memang tidak sesuai kapasitas yang diperbolehkan, termasuk karena jalan memang udah lama sehingga sudah tidak memenuhi beban yang seharusnya, serta karena dinding drainase yang tidak bisa menahan beban samping.

"Makanya kami sedang berkomunikasi dengan pemerintah agar lebih ngerti tentang kriteria jalan," katanya.

Disinggung maksud PT BSP penyebab jalan rusak adalah kesalahan pembangunan dan bukan karena lalu lalang dump truck mereka? Awi membantah dan mengatakan bukan bermaksud menyalahkan kualitas pembangunan jalan.

Namun, Awi menambahkan, informasi dari pimpinannya, setelah pekerjaan selesai, PT BSP akan memperbaiki titik tertentu pada kerusakan jalan itu.

Editor: Gokli