Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KPPS Reaktif Rapid Test, KPU Karimun: Belum Tentu Positif Covid-19, Masih Perlu Uji Swab
Oleh : Freddy
Kamis | 03-12-2020 | 18:20 WIB
eko-karimun-kpu.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ketua KPU Karimun, Eko Purwandoko. (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Ketua KPU Karimun, Eko Purwandoko angkat bicara terkait hasil rapid test sejumlah KPPS untuk Pilkada serentak 2020. Di mana, ada beberapa orang KPPS yang hasil rapid test-nya reaktif.

"Mereka yang reaktif belum dapat dikatakan positif Covid-19, karena untuk memastikan seseorang dinyatakan terpapar Covid-19 atau tidak tentunya harusnya dilakukan tes usap atau swab," tegas Eko, Kamis (3/12/2020).

Eko mengatakan, KPPS yang hasil rapid test-nya reaktif, dilanjutkan dengan pemeriksaan swab. Ini, untuk memastikan apakah terpapar Covid-19 atau tidak.

"Masih perlu dilakukan tes usap atau swab untuk memastikan positif Covid-19 atau tidak," kata dia.

Ia menjelaskan, KPU kabupaten Karimun masih menunggu kebijakan dari KPU pusat yang punya otoritas terhadap regulasi.

Sementara itu, Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Karimun, mengatakan ada 102 orang yang sudah dilakukan swab dan dari jumlah tersebut sebagian dari hasil rapid test yang dilakukan pada petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dan petugas pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) serta dari masyarakat umum lainnya.

"102 sampel swab sudah dikirim ke BTKLPP Batam, sebagian dari KPPS dan PTPS yang rapid test-nya reaktif serta masyarakat umum," katanya.

Editor: Gokli