Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mata Sofha Bahtiar Berkaca-kaca Melihat Kondisi Ibu Wan Fatimah dan Anaknya yang Disabilitas
Oleh : Redaksi
Jumat | 27-11-2020 | 11:31 WIB
sofha-lansia1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Sofha Marwah Bahtiar, Pjs TP PKK Provinsi Kepri saat mengunjungi rumah lansia di Tanjungpinang. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Tak tersembunyikan rasa haru dari wajah Sofha Marwah Bahtiar, Pjs TP PKK Provinsi Kepri, setiba di sebuah rumah sederhana yang dihuni seorang lansia dengan anaknya yang penyandang disabilitas. Tanpa di-aba-aba, Sofha langsung merunduk dan menggenggam tangan lansia bernama Wan Fatimah itu. Matanya berkaca-kaca.

Sofha kemudian menanyakan kabar lansia tersebut. Dalam waktu singkat keduanya terlibat dalam perbincangan akrab seperti anak dan ibu.

"Ibu bagaimana kabarnya? Selama Covid-19 ada dikunjungi tenaga kesehatan? Kalau ada keluhan ibu langsung kabari tenaga kesehatan atau tetangga terdekat ya. Karena kami TP PKK dan pemerintah sangat menjaga kesehatan para lansia di saat pandemi ini. Ibu jangan sungkan-sungkan," tutur Sofha lembut kepada Wan Fatimah.

Tak banyak kata-kata yang keluar dari mulut Wan Fatimah selain ucapan-ucapan singkat dengan tatapan penuh kekaguman pada Sofha.

Pertemuan Sofha dan Wan Fatimah, lansia dengan anak disabilitas itu berlangsung di sebuah rumah sederhana, di desa Batu Gajah, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna. Kunjungan Sofha dalam rangka kunjungan kerja pelaksanaan 10 program Pokok PKK di Kabupaten Natuna.

Didampingi Ketua TP- PKK Kabupaten Natuna Hj Nurhayati Hamid Rizal dan Sekretaris TP-PKK Kepri Asniah Madjid, Sofha melaksanakan kegiatan Kunjungan ke Rumah Lansia (Kumala). Ada beberapa lansia yang dikunjungi untuk memastikan kondisi para lansia di saat pandemi Covid-19 melanda.

Dalam arahannya, Sofha mengapresiasi inovasi program Kumala. "Salut saya dengan kegigihan Ketua TP-PKK Kabupaten Natuna, pengurus dan kader-kadernya, baik itu tingkat kecamatan, kelurahan, desa dan dusun yang konsisten menjalankan program Kumala di tengah wabah Covid-19," katanya.

Tak lupa Sofha menghimbau agar kegiatan Kurmala di Natuna bisa menjadi inspirasi bagi Kabupaten/Kota lainnya di Kepri.

Saat berkunjung, Sofha juga membawa bingkisan berupa makanan bergizi berupa susu, buah-buahan, roti dan vitamin. Apresiasi juga diberikan kepada Dinas Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Natuna sebagai leading sector yang berkolaborasi dengan TP- PKK Kabupaten Natuna.

"Saya bangga dan sekaligus mengucapkan terima kasih kepada tenaga medis dan psikolog yang dengan sabar melayani para Lansia. Kenapa saya katakan lansia yang kita prioritaskan karena lansia merupakan kelompok yang paling rentan dengan penularan virus Covid-19 ini. Koordinasi dan kolaborasi program ini dengan OPD terkait sangatlah penting supaya program yang kita rencanakan tercapai sesuai target dan sasaran TP- PKK," jelas Sofha.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Natuna Hj Nurhayati Hamid Rizal menjelaskan kegiatan Kumala memang menjadi kegiatan yang difokuskan di TP PKK Natuna. Menurutnya, setiap melakukan kunjungan lansia ke lapangan, mereka selalu membawa tenaga medis, psikolog, dan Dinas Ketahan Pangan dan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait.

Kurmala adalah program kegiatan kunjungan ke rumah-rumah lansia dengan mendatangi langsung para lansia yang ada diseluruh Kabupaten Natuna. Ini merupakan program inovasi yang dilaksanakan di musim pandemi Covid-19. Pelayanan kesehatan untuk lansia, ibu hamil dan balita tetap dilaksanakan dengan cara mendatangi dari rumah ke rumah.

Kegiatan Kumala ini adalah kegiatan yang melibatkan beberapa OPD dan lembaga terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas PMD.

Editor: Yudha