Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KPU Karimun Saling Lempar Tanggung Jawab Soal Anggaran Sejumlah Kegiatan
Oleh : Freddy
Senin | 23-11-2020 | 19:39 WIB
simulasi-karimun-coblos.jpg Honda-Batam

PKP Developer

KPU Karimun saat mengadakan simulasi pencoblosan dan perhitungan suara Pilkada 2020 dengan sistem Sirekap, Sabtu (21/11/2020). (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Anggaran sejumlah kegiatan yang dilakukan KPU Karimun, mulai disorot publik. Dinilai internal KPU Karumun kurang transparan, bahkan mulai saling lempar tanggung jawab.

Mengenai anggaran dari sejumlah kegiatan itu, BATAMTODAY.COM mencoba untuk melakukan konfirmasi langsung ke pihak KPU Karimun.

Adapun yang dipertanyakan seputar kegiatan debat kandidat, simulasi pemungutan dan perhitungan surara dengan Sirekap.

Sekretaris KPU Karimun, H Arpan ketika dikonfirmasi seperti enggan menjelaskan besaran anggaran untuk kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan Sirekap dan kegiatan debat pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Karimun yang sudah dilaksanakan sebanyak 2 kali.

"Saya mohon maaf bang, belum dapat menyampaikan karena banyak hal yang harus dikumpulkan, apakah itu pertanggungjawaban dalam bentuk nota dan lain-lain," ucap Arpan melalui pesan WhatsApp, Senin (23/11/2020).

Sementara itu, Samsir, anggota KPU Karimun mengatakan, anggaran untuk kegiatan simulasi pemungutan dan perhitungan suara serta penggunaan Sirekap pada Sabtu (21/11/2020) yang lebih tahu adalah sekretariat.

Ahmad Sulton, anggota KPU Karimun menjelaskan, sepengetahuannya anggaran kegiatan debat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Karimun sebenarnya tidak terlalu besar dan nilainya tidak sampai Rp 500 juta untuk tiga kali kegiatan debat di Hotel Aston Karimun.

Dari pantauan BATAMTODAY.COM di lapangan, kegiatan debat kandidat Bupati dan Wakil Bupati Karimun yang dilaksanakan 2 putaran di Hotel Aston Karimun, hanya disiarkan menggunakan media lokal seperti TV Kepri dan Radio Azam FM, untuk putaran pertama dan Batam TV dan Radio Azam FM untuk putaran kedua serta Facebook dan Youtobe KPU Karimun.

Sedangkan untuk kegiatan simulasi dapat dibilang cukup mewah karena 436 warga yang datang ke TPS pada acara simulasi mendapatkan uang pengganti Rp 100 ribu pe rorangnya, bahkana beredar kabar kliping berita juga akan dibayar.

Editor: Gokli