Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bergerak ke Mana Tanah Cut And Fill Central Laguna Hill?
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 28-10-2020 | 09:24 WIB
dump-truck1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Dump truck keluar dari lokasi penimbunan di Tanjunguncang Batuaji. (Irwan Hirzal/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Aktivitas pemotongan lahan (cut and fill) yang dilakukan PT Panji Asmoro Bangun (PAB) masih terus berjalan di kawasan Central Laguna Hill, Jalan Tras Barelang, Tembesi Kecamatan Sagulung.

Meskipun diduga tidak kantongi izin Cut and fill, izin pengalokasian lahan, izin pengambilan tanah timbun, izin pelaksanaan, hingga izin analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) aktivitas pemotongan bukit itu trus berjalan.

Dari pantauan di lapangan, tanah yang dikerok menggunakan alat berat excavator itu terus dipindahkan ke dump truck berukuran besar. Lalu mengangkut tanah menuju Jl. Raya Marina City Tanjunguncang, Batuaji atau tepatnya di sebelah Badan Pelitihan Kesehatan (Bapelkes).

"Tanah cut and fill itu dibuang (jual) ke PT Prima Karya Asih. Mereka melakukan penimbunan bakau di sebelah Bapelkes," ujar sumber BATAMTODAY.COM.

Di lokasi lahan kosong tepatnya sebelah Bapelkes, terpantau truk berwarna merah dan putih berukuran besar tengah lalu lalang.

Menurut para pedagang di lokasi sekitar, lahan kosong di sebelah Bapelkes hampir keseluruhnya merupakan tanah timbunan. Karena sebelumnya merupakan pohon bakau.

"Di lahan timbunan itu, dulunya sungai dan banyak pohon bakau. Sekarang hampir semuanya rata dengan tanah," kata Amin pedagang di sana.

Seperti diberitakan sebelumnya, pemotongan bukit yang diketahui milik Ombur, masih dilakukan meskipun diduga tidak memiliki izin Cut and fill dari Badan Penguasahaan (BP) Batam. Menurut sumber terpercaya, kegiatan cut and fill itu, dikerjakan oleh pengusahaan muda berinisial AH.

Sementara AH berkerjasama dengan PT Panji Asmoro Bangun untuk melakukan pemindahan tanah dari lokasi ke kawasan Tanjunguncang.

"Yang memiliki lahan itu Ombur berkerjasama dengan developer Sukajadi Central. Nah Sukajadi Central menyerahkan cut and fill ke pengusahaan berinisial AH. Pengusaha AH ini menyerahkan pemotongan bukit ke PT Panji Asmoro Bangun," kata sumber yang enggan menyebutkan namanya Rabu (21/10/2020).

Editor: Yudha