Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Basarnas Tanjungpinang Utamakan Protokol Kesehatan Saat Operasi Penyelematan
Oleh : Syajarul Rusydy
Selasa | 27-10-2020 | 19:45 WIB
apel-SAR.jpg Honda-Batam
Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang, Mu'min saat memimpin apel gelar pasukan, Selasa (27/10/2020). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Tanjungpinang, melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka mengantisipasi kejadian membahayakan nyawa manusia yang berpotensi terjadi saat libur nasional dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW.

Apel gelar pasukan sesuai protokol kesehatan Covid-19 tersebut dipimpin Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang, Mu'min di lapangan apel Kantor BASARNAS Tanjungpinang, Selasa (27/10/2020).

Kata Mu'min dalam setiap kegiatan atau siaga SAR, pihaknya meminta agar menerapkan prosedur protokol kesehatan. Mulai dari pakaian, kemudian tata caranya, dan standar operasional prosedur disesuaikan dengan kondisi Covid-19 saat ini.

"Siaga SAR khusus akan dilaksanakan mulai dari 27 Oktober sampai dengan 2 November mendatang. Para personel akan ditempatkan di pelabuhan dan tempat-tempat wisata, di antaranya Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, Sri Bayintan Kijang, Pelabuhan Telaga Punggur Batam, serta pelabuhan pelabuhan umum yang berada di Kepulauan Riau," tuturnya.

Ia menekankan kepada seluruh personelnya agar dalam pelaksanaan siaga SAR khusus ini, selalu berkoordinasi dengan unsur Potensi SAR terkait di lokasi kegiatan. "Saya minta jaga penampilan, sikap maupun protokol kesehatan yang kita jalani, agar tetap menjadi insan atau abdi negara yang disiplin sehingga bisa memberikan contoh yang baik untuk masyarakat," ujarnya.

Mu'min juga berpesan kepada personelnya agar dalam melaksanakan tugas di lapangan itu tetap menjaga semangat dan selalu memperhatikan faktor keamanan. "Tetap semangat dalam melaksanakan siaga SAR khusus, hati-hati dan tetap menjaga keselamatan, perhatikan keamanan baik untuk diri sendiri, tim dan juga untuk masyarakat yang ada di lokasi," tutupnya.

Editor: Gokli