Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tekan Kasus Covid-19, Klinik Singkep Farmasi Buka Layanan Rapid Test dan Swab
Oleh : Wandy
Selasa | 27-10-2020 | 18:36 WIB
ambil-sampel-swab.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Petugas medis Klinik Singkep Farmasi saat mengambil sampel swab seorang warga. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Sebagai upaya membantu pemerintah dalam menekan laju peningkatan kasus Covid-19, Klinik Singkep Farmasi menyediakan layanan rapid test dan swab yang berlokasi di Jalan Pelabuhan Kelurahan Dabo, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga.

Klinik Singkep Farmasi juga sudah bekerjasama dengan berbagai mitra seperti PT Timah Indonesia, Kementrian PUPR cabang Kabupaten Lingga dan berbagai instansi swasta serta pemerintah lainnya.

Owner Klinik Singkep Farmasi Redha Afwan mengatakan, dalam pemeriksaan rapid test ini menggunakan sampel darah untuk diuji. "Jadi darah yang diambil akan digunakan untuk mendeteksi imunoglobulin, yakni antibodi yang terbentuk saat tubuh mengalami infeksi," kata Afwan, Selasa (27/10/2020).

Dalam metode pemeriksaan dilakukan Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) yang sudah kompeten di bidangnya dan dapat dilakukan dengan metode serologi menggunakan sentrifugasi untuk memisahkan serum dan plasma darah.

Untuk dasar pemeriksaan rapid dan swab, dijelaskan Afwan, hasilnya akan keluar 15 menit setelahnya.

Jika hasilnya positif? Sebaiknya segera kembali melakukan konsultasi dengan dokter di Klinik Singkep Farmasi. Pembacaan hasil akan ditentukan berdasarkan tingkat keparahannya.

"Jika dokter mengatakan bahwa gejala yang Anda alami masih ringan, maka Anda akan diminta untuk melakukan isolasi mandiri di rumah," jelas Afwan.

Lanjutnya, jika hasilnya gejala sedang atau berat? Sementara, jika dokter mengatakan, Anda memiliki tingkatan gejala sedang atau berat, maka akan dilanjutkan dengan pemeriksaan swab test untuk memvalidasi hasil positif Covid-19.

"Jika positif akan dilaporkan ke TIM Gugus Pengangan Covid-19 wilayah Kabupaten Lingga untuk selanjutnya akan dirujuk ke rumah sakit khusus penanganan Covid-19 agar mendapatkan perawatan intensif," bebernya.

Jadi, siapa saja yang perlu melakukan rapid test? Jika Anda atau orang terdekat, Anda memiliki gejala yang mirip dengan Covid-19, kini saatnya untuk memastikan kesehatan dengan melakukan rapid test Covid-19, yang dapat divalidasi lebih lanjut dengan pemeriksaan swab test di Klinik Singkep Farmasi.

Untuk Anda yang akan melakukan pemeriksaan rapid test ataupun swab dapat menghubungi nomor 0822-8877-3063.

Editor: Gokli