Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Razia Masker di Kavling Nato Sagulung, Puluhan Pelanggar Prokes Langsung Dirapid Test
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 20-10-2020 | 17:52 WIB
razia-masker-nato.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Para pelangar protokol kesehatan di Kavling Nato, Sagulung saat antre uji rapid test, Selasa (20/10/2020). (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Satgas protokol kesehatan Kota Batam kembali menggelar razia masker di wilayah Kavling Nato, Kecamatan Sagulung, Selasa (20/10/2020).

Dalam razia ini, petugas mendapatai puluhan warga yang tak memakai masker, salah satu kewajiban yang ditegaskan dalam Perwako Protokol Kesehatan.

Warga yang kedapatan melanggar protokol kesehatan itu, langsung dilakukan uji rapid test. Mereka, juga dikenakan rompi warna Orangi bertuliskan "Saya Pelanggar Protokol Kesehatan Covid-19".

"Ini sebagai bentuk penindakan bagi yang tidak taat proktokol kesehatan dan aturan ini sudah ada dalam Perwako," ujar Imam Tohari, Kabid Tantrikum Satpol PP Batam.

Imam mengatakan, jika nantinya ditemukan warga yang reaktif, maka akan diserahkan langsung ke Dinkes Kota Batam. Sedangkan warga yang non reaktif akan diberikan pembinaan agar patuh terhadap protokol kesehatan.

"Hasil pemeriksaan hari ini belum keluar, kita masih menunggu," ucapnya saat razia masker.

Imam Tohari menegaskan, dari sekian kali dilakukan razia, ada sekitar 1.000 warga yang sudah terjaring. 7 di antaranya dinyatakan reaktif dan sudah diserahkan ke Dinkes Batam.

"Razia ini akan kami lakukan sampai Desember mendatang di seluruh Kota Batam," ujarnya.

Kepada warga yang sudah melanggar protokol kesehatan ini, petugas langsung memberikan peringatan. Jika nantinya masih ditemukan tanpa menggunakan masker, maka akan diberikan sanksi yang maling berat.

"Sanksi selanjutnya bukan hanya rapid test saja, tetapi akan disuruh kerja bakti dan bisa juga dikenakan denda sesuai Perwako," tegasnya.

Golprid, seorang pelanggar protokol kesehatan mengaku malu tak pakai masker. Awalnya, dia hendak keluar sebentar ke rumah temannya, tetapi tiba-tiba ada razia gabungan.

"Malu saya pakai baju ini. Saya tadi lupa pakai masker, padahal sudah saya tadi di dekat pintu rumah," ungkapnya.

Editor: Gokli