Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bertambah 27 Orang, Pasien Positif Covid-19 di Batam Jadi 1.575 Orang
Oleh : Paskalis RH
Selasa | 29-09-2020 | 17:21 WIB
tabel-corona-btm.jpg Honda-Batam
Tabel data kasus Covid-19 di Kota Batam. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gugus tugas penanganan Covid-19 Batam, kembali mengumumkan penambahan 27 warga yang terkonfirmasi positif terpapar virus corona.

Penambahan pasien ini disampaikan Ketua Bidang Kesehatan Gugus Tugas, Didi Kusmarjadi, melalui keterangan tertulis yang diterima BATAMTODAY.COM, Selasa (29/9/2020).

Didi menjelaskan, ke-27 kasus baru ini terdiri dari 13 laki-laki dan 14 perempuan yang tersebar di berbagai wilayah Kota Batam. "Dengan penambahan 27 kasus baru, maka total pasien positif Covid-19 di Batam menjadi 1.575 orang," kata Didi.

Dari total 1.575 pasien yang dinyatakan positif, kata Didi, sebanyak 1.002 pasien telah dinyatakan sembuh. Sementara yang meninggal dunia sebanyak 47 orang.

"Hingga saat ini jumlah pasien yang masih dirawat sebanyak 523 orang. Tiga orang pasien masih dalam persiapan untuk dievakuasi ke rumah sakit," terangnya.

Data penambahan pasien ini, sebutnya, merupakan hasil pemeriksaan swab, tim analis laboratorium BTKLPP Batam dan analis laboratorium RSKI Covid-19 Galang berdasarkan hasil temuan kasus baru dan hasil penelusuran (tracing).

Didi menjelaskan, berdasarkan hasil penyelidikan epidemiologi yang terus dilakukan oleh Tim Surveilans Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam terhadap seluruh cluster, dapat disimpulkan bahwa ternyata kasus Covid-19 di Kota Batam mengalami kenaikan yang sangat signifikan.

Hal itu, bebernya, karena penurunan tingkat kedisplinan masyarakat dalam menjalankan penerapan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah saat melakukan berbagai aktifitas sehari-hari.

Guna kemaslahatan bersama, sambungnya, masyarakat Kota Batam diharapkan agar tetap mengikuti anjuran pemerintah, menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta tetap di rumah saja.

"Jika terpaksa harus keluar rumah gunakan masker serta selalu menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan seimbang dan berolahraga secara teratur serta istirahat yang cukup," pungkasnya.

Editor: Gokli