Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bikin Merinding, Texas Darurat Bencana Akibat Amoeba Pemakan Otak
Oleh : Redaksi
Selasa | 29-09-2020 | 10:44 WIB
ilustrasi-amoeba1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pemerintah negara bagian Texas, Amerika Serikat menetapkan status darurat bencana usai bocah enam tahun meninggal karena terinfeksi amoeba pemakan otak.

Status darurat berlaku sejak Minggu (27/9/2020) di wilayah Brazoria County, yang mencakup Lake Jackson.

Bocah itu meninggal dunia pada 8 September 2020 setelah terinfeksi amoeba pemakan otak yang memiliki nama Naegleria fowleri.

Seperti dikutip dari AFP, Juru Bicara Pemerintah Texas mengungkapkan bahwa Nagleria fowleri ditemukan pada selang keran di sebuah taman dekat rumah bocah itu.

Selain di taman, amuba yang sama ditemukan di air mancur di pusat kota dan di hidran kebakaran di kota yang hanya berjarak satu jam dari kota Houston.

Kakek-nenek dari anak yang meninggal, mengatakan kepada Houston Chronicle, bahwa cucunya mungkin terpapar air yang terkontaminasi saat dia bermain di taman percikan di pusat kota, tak lama sebelum dia jatuh sakit.

Taman percikan kini telah ditutup oleh pihak berwenang. Para penduduk sekitar disarankan untuk menghindari penggunaan air keran untuk minum, mandi atau memasak melalui sebuah peringatan.

Peringatan itu saat ini memang telah dicabut, namun warga masih sangat dianjurkan untuk selalu merebus air sebelum digunakan.

Amuba Naegleria fowleri diketahui dapat berkembang biak di air danau atau sungai yang hangat dan segar serta kolam renang yang tidak terawat dengan baik.

Masuk ke dalam tubuh melalui selaput hidung dan menembus ke otak. Dapat menyebabkan migrain parah, hipertermia, leher kaku, muntah, pusing, mengalami kelelahan ekstrem, kebingungan, dan halusinasi.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha