Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lakukan Penipuan

Hati-Hati, Beredar Akun FB Palsu Isdianto dan Rosmeri Isdianto
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 24-09-2020 | 15:52 WIB
A-FB-KLONING.png Honda-Batam
Akun Facebook kloning milik istri Gubernur Kepri yang dipalsukan. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Akun facebook (FB) Gubernur Kepri H. Isdianto dan istrinya Hj. Rosmeri di palsukan oleh oknum tidak bertanggung jawab dengan tujuan untuk melakukan penipuan. Hal ini diketahui oleh orang-orang terdekat Gubernur semenjak Kamis (24/9/2020) sekitar pukul 11.00 WIB.

Akun FB palsu Gubernur yang dimaksud menggunakan nama Isdi Anto (ditulis dengan dua suku kata Isdi dan Anto) dengan foto profil foto Gubernur Isdianto memakai PDU putih lengkap setengah badan. Adapun FB Gubernur yang asli menggunakan nama Isdianto, atau penulisannya tidak dipisah.

Sedangkan untuk FB Hj. Rosmeri, baik FB palsu maupun FB asli sama-sama menggunakan nama Rosmeri Isdianto. Perbedaannya terletak pada foto profil. Yang palsu menggunakan foto profil Hj. Rosmeri dan H. Isdianto memakai kemeja coklat dan memakai payung di tempat terbuka. Sedangkan yang asli sama-sama foto berdua, namun H. Isdianto memakai jas dan Hj. Rosmeri memakai seragam TP PKK warna hijua tua di dalam ruangan.

"FB palsu bapak dan ibu digunakan untuk melakukan penipuan. Oknum tersebut mengatasnamakan Bapak dan Ibu lalu mengirim pesan kepada korbannya dengan dalih meminta bantuan penggalangan dana untuk penanggulangan covid-19 di Kepri," jelas Ari Rosandi, putra sulung Gubernur.

Ari berharap, melalui pemberitaan di media ini, masyarakat mengetahui dan tidak tertipu oleh FB palsu yang menggunakan nama Isdianto atau Rosmeri Isdianto tersebut.

"Kita berharap siapapun yang menerima inbox dari FB palsu atas nama Isdi Anto dan Rosmeri Isdianto sebagaimana dimaksud diatas, segera confirmasi dulu kebenarannya. Apalagi tujuannya meminta sumbangan," harap Ari.

Ari menegaskan jika account Isdianto dan Hj. Rosmeri yang asli tetap ada dan tidak di hacker. Hanya saja ada account lain yang mencatut nama Isdianto dan Rosmeri Isdianto.

"Ini kan pemalsuan. Bahkan beberpa yang menerima inbox, mereka diminta mentransfer uang untuk bantuan covid dimaksud ke BRI atas nama Dina Octariyani," ujar Ari.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik, Iskandar Zulkarnaen mengungkapkan, masyarakat Kepri diminnta untuk berhati-hati, karena akun FB palsu itu digunakan untuk meminta sejumlah uang ke beberapa kontak dan pimpinan lembaga dengan alasan bantuan biaya penanganan covid-19.

"Kami mendapati bahwa akun facebook ibu Gubernur telah dikloning atas nama Rosmeri Isdianto dan akun whatssapp dengan menggunakan no seluler 083139881100 dan 0811919850 yangmana kedua akun ini meminta sejumlah uang mengatasnamakan ibu Gubernur," ungkap Iskandar Zulkarnaen.

Untuk itu, Iskandar Zulkarnaen menghimbau masyarakat untuk tidak melayani chat ataupun permintaan dari kedua akun ini. "Ini adalah akun penipuan, jangan diladeni," tegas Iskandar Zulkarnaen.

Berdasarkan pelacakan tim IT Diskominfo merupakan akun kloning baru, lanjut Iskandar,
adanya akun FB yang mengatasnamakan Rosmeri Isdianto untungnya dapat segera diketahui aktivitasnya.

"Akun ini sudah dalam radar Kementerian Kominfo khususnya satgas kejahatan cyber" jelas Iskandar Zulkarnaen.

Sedangkan no Whatssapp (WA) berdasarkan penelusuran merupakan nomer seluler dari salah satu operator seluler yang tidak banyak digunakan di Kepulauan Riau dan nomer tersebut aktivitasnya berlokasi di Makassar, Sulawesi Selatan. Dan nomer akun yang lain berada di lokasi Jakarta.

"Sehingga kami menghimbau masyarakat untuk mengabaikan saja dan segera menghubungi kami jika ada aktivitas meminta uang yang mengatasnamakan ibu Gubernur Kepulauan Riau, Rosmeri Isdianto," kata Iskandar Zulkarnaen.

Sebelumnya diketahui ada pola serupa yang mengatasnamakan Bupati Bintan, Apri Sujadi dan Walikota Tanjunglinang, Hj. Rachma.

Editor: Dardani