Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dukung Petani Milenial di Bintan, Apri Sujadi Serahkan Bantuan Alat Pertanian
Oleh : Harjo
Sabtu | 19-09-2020 | 18:52 WIB
alat-pertanian.jpg Honda-Batam
Bupati Bintan, Apri Sujadi menyerahkan bantuan alat pertanian di Toapaya dan Gunung Kijang, Sabtu (19/9/2020). (ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Bupati Bintan, Apri Sujadi menyerahkan ratusan alat pertanian, berupa cangkul, parang, garpu besi dan handsprayer kepada ratusan petani di Kecamatan Toapaya dan Kecamatan Gunung Kijang, Sabtu (19/9/2020).

Apri Sujadi mengatakan, Pemkab Bintan tahun 2021, akan menyiapkan skema bagi para petani untuk mudah mendapatkan fasilitas bantuan pinjaman dalam berusaha di bidang pertanian.

"Kita siapkan skemanya, agar para petani ke depannya mudah untuk mendapatkan modal usaha. Pinjaman modal usaha bagi petani yang pinjam ke Bank hanya cukup membayar pinjaman pokok, sedangkan bunga Bank, Pemkab yang akan subsidi," katanya.

Ia sangat berbahagia karena pertumbuhan petani milenial di Kabupaten Bintan, menunjukkan trend yang meningkat secara signifikan. Hal itu menurutnya bahwa sektor pertanian sudah menjadi hal yang penting bagi keberlangsungan sektor ketahanan pangan di Kabupaten Bintan.

"Petani milenial kita saat ini banyak, ini menunjukkan bahwa petani itu profesi yang sangat luar biasa," tuturnya.

Dikatakannya, Pemkab Bintan saat ini juga menyiapkan skema pemanfaatan limbah kotoran ayam bagi kebutuhan para petani. "Di Bintan, ada 200 kandang ayam. Kita akan siapkan MoU bahwa kotoran ayam yang bisa digunakan untuk pupuk, setidaknya dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pupuk bagi petani Bintan," ujarnya.

Menurutnya, saat ini, sayuran produksi petani Bintan sudah banyak memenuhi kebutuhan sayuran tidak saja masyarakat Bintan, namun juga masyarakat di Kota Tanjungpinang dan Kota Batam.

Editor: Gokli