Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tinjau Pembagunan Embung di Desa Nyamuk, Bupati Anambas Harus Lintasi Dua Bukit
Oleh : Fredy Silalahi
Jumat | 18-09-2020 | 17:24 WIB
embung-bajau.jpg Honda-Batam
Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris saat meninjau pembangunan embung di Pulau Bajau, Desa Nyamuk, Siantan Timur, Jumat (18/9/2020). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris meninjau pembangunan embung, sumber air bersih di Desa Nyamuk, Kecamatan Siantan Timur, Jumat (18/9/2020).

Menariknya untuk sampai ke lokasi pembangunan embung tersebut, rombongan harus menempuh jarak sejauh 3 kilometer dengan melintasi dua bukit.

Abdul Haris mengatakan, embung yang dibangun merupakan sumber air bersih di Pulau Bajau. "Ini merupakan air tampungan yang Insya Allah akan memberikan kemudahan bagi masyarakat di saat musim kemarau nanti," ujar Haris.

Haris menguraikan, embung tersebut seluas 30x30 meter dibangunan dengan anggaran Pasimmas (DAK) ditambah dengan 10 persen dari Dana Desa.

"Totalnya Rp 440 juta, Rp 400 juta dari DAK, dan Rp 40 Juta dari dana desa," urainya.

Haris menjelaskan, berharap kepada masyarakat agar menjaga kelestarian lingkungan di sekitar embung tersebut. Bahkan Bupati menyarankan masyarakat agar segera ditanami pohon.

"Wilayah sekitar embung ini harus dijaga, jangan sampai dirusak karena akan mempengaruhi ekosistem dan resapan air nantinya," seru Haris.

Editor: Gokli