Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapal Ikan Tenggelam di Perairan Berakit Bintan, Seluruh Kru Selamat
Oleh : Harjo
Jum\'at | 18-09-2020 | 12:52 WIB
evakuasi-abk1.jpg Honda-Batam
Petugas sedang mengevakuasi kru kapal ikan Hafi Samudera. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Empat awak kapal ikan Hafi Samudera, berhasil diselamatkan setelah kapal mereka tenggelam di Perairan Berkait, Pulau Bintan, Kamis (17/9/2020).

Kepala Pangkalan Penjaga Laut dan Pantai (PLP) Kelas II Tanjunguban, Capt. Handry Sulfian menyampaikan, saat mendapatkan informasi dari Kapal Navigasi Tanjung Pinang Bahwa adanya korban hanyut akibat musibah Kapal Tenggelam di Perairan Berakit. Pihaknya langsung menerjunkan Kapal KN. Kalimasada-P 115 ke Lokasi guna melakukan proses evakuasi korban yang sebelumnya telah di selamatkan oleh Kapal MT Seaways Yellowstone.

Keempat korban yang berhasil diselamatkan diantaranya Sudarwis, Izzi Fahrizi, Kaharudin dan Muhammad Ibrahim.

"Sebelumnya Komandan KN Kalimasha P-115 mendapat informasi ada nelayan yang hanyut dikarenakan kapal mereka karam di hantam badai. Selanjutnya kontak radio dengan MT Seaways Yellostone," ujarnya kepada BATAMTODAY.COM, Jumat (18/8/2020).

Kapal milik Pangkalan PLP dari perairan berakit menuju lokasi labuh jangkar MT Seaways Yellostone dengan pisisi 01 derajat 40' 60'' N / 104 derajat 52' 13'' E. Dimana, Work boat KN. Kalimasadha diturunkan dan tim serah terima dan 4 orang nelayan korban kapal karam tersebut.

Selanjutnya korban langsung membawa korban Dermaga Pangkalan PLP Kelas II Tanjunguban, dini hari (18/9/2020). Korban berhasil di evakuasi petugas medis untuk perawatan lebih lanjut dan dibawa ke RSUD Engkuu Haji Daud Tanjunguban.

"Keluarga korban saat ini sudah berhasil dihubungi oleh pihak Pangkalan PLP Tanjunguban dan saat ini korban masih berada di RSUD Engku Haji Daud guna pemulihan kesehatan," tambah Kepala Subseksi Operasi Capt. Deddy Surachmad.

Editor: Yudha