Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wan Zuhendra Resmikan SPAM Desa Landak dan Batu Berapit Anambas
Oleh : Fredy Silalahi
Rabu | 16-09-2020 | 15:04 WIB
A-PERESMIAN-AIR-ANABAS.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kepala BPPW Kepri menyerahkan dokumen pembangunan SPAM kepada Wakil Bupati Anambas. (Foto: Fredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra meresmikan sarana prasarana air minum (SPAM) untuk Desa Landak dan Desa Batu Berapit Kecamatan Jemaja, Rabu (16/9/2020).

Demi meninjau langsung lokasi bak penampung air di desa Batu Berapit itu, Wan Zuhendra beserta rombongan harus mendaki bukit sekitar 1 kilometer, itu pun saat hujan lebat.

Wan Zuhendra mengatakan, pembangunan SPAM untuk Desa Batu Berapit dan Landak didukung oleh Balai Prasarana Pemukiman Kementeri PUPR.

"Kondisi medan di daerah ini jauh berbeda dengan daerah lain, ini menjadi tantangan tersendiri dalam menyelesaikan infrastruktur di Anambas. Salah satu kendala yaitu butuh biaya yang besar, meski demikian, kebutuhan masyarakat bisa satu per satu kita bangun dan itu dibantu oleh Pemerintah Pusat," ujar Wan Zuhendra, Rabu (16/9/2020) usai meresmikan SPAM Desa Landak dan Batu Berapit.

Wan Zuhendra menjelaskan, kendala lain untuk memenuhi kebutuhan premier masyarakat khususnya iar bersih yaitu terbatasnya mata air permukaan.

"Sehingga butuh terobosan-terobosan, agar kebutuhan itu bisa kita realisasikan. Termasuk dengan dukungan Pemerintah Pusat," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kepulauan Riau, Albert Reinaldo mengatakan, pembangunan SPAM Desa Landak sebesar Rp3,8 Millar dan SPAM Desa Batu Berapit sebesar Rp5,1 Millar.

"Pembangunan SPAM bersumber dari APBN atas usulan dari Pemerintah Daerah yaitu Kepulauan Anambas," urainya.

Ia pun menjelaskan, bahwa untuk Desa Batu Berapit terdapat 279 SR, sedangkan untuk Desa Landak 167 SR.

"Masih banyak PR yang mesti di tuntaskan untuk menyelesaikan persoalan infrastruktur di Anambas, maka kami harap kita bersinergi menuntaskannya," seru Albert.

Editor: Dardani