Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bertambah 7 Orang, Mahasiswa Hingga ASN di Batam Terpapar Covid-19
Oleh : Paskalis Rianghepat
Rabu | 12-08-2020 | 11:16 WIB
covid-19-14.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam, Muhammad Rudi kembali mengumumkan penambahan 5 pasien baru terkonfirmasi positif Covid-19 pada Selasa (11/8/2020).

Dengan penambahan ini, tercatat ada total 368 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Batam. Penambahan 7 pasien terkonfirmasi positif ini merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim analis BTKLPP Batam berdasarkan hasil temuan kasus baru dan hasil tracing di Kota Batam.

"Ketujuh pasien yang baru terkonfirmasi positif Covid-19 ini terdiri dari 4 orang laki-laki dan 3 orang perempuan," Kata Rudi melalui siaran pers yang diterima BATAMTODAY.COM, Rabu (12/8/2020) pagi.

Rudi menjelaskan, pasien pertama yang terkonfirmasi positif adalah seorang perempuan berinisial N, berusia 40 tahun, ibu rumah tangga (IRT), beralamat di perumahan Putra Jaya, Kelurahan Tanjung Uncang, Kecamatan Batuaji.

Pasien ini, kata dia, merupakan kasus baru Covid-19 nomor 362 Kota Batam. Ia diketahui positif setelah datang berobat ke RS Graha Hermine Batam dengan keluhan Batuk dan pilek sejak tiga hari sebelumnya disertai kejang pada saat baru tiba di rumah sakit.

Sesuai dengan keluhan dan kondisinya tersebut, ujarnya, dokter kemudian melakukan pemeriksaan secara intensif dengan melakukan pemeriksaan RDT yang hasilnya Non Reaktif dan dilanjutkan Rontgen Thorax dengan kesan Pneumonia namun kesadaran yang bersangkutan terlihat semakin menurun.

"Untuk penanganan lebih lanjut, yang bersangkutan kemudian mengikuti pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya diterima dan diketahui pada hari ini Terkonfirmasi Positif," tandasnya.

Perlu diketahui, terangnya, selama dalam perawatan intensif diruang ICU isolasi rumah sakit, kondisi yang bersangkutan terus semakin memburuk dan akhirnya pada tanggal 9 Agustus 2020 dinyatakan meninggal dunia.

Pasien positif kedua adalah Seorang laki-laki berinisial PN, berusia 37 tahun, Wiraswasta, beralamat di perumahan RICCI Tahap I Kelurahan Tanjung Riau, Kecamatan Sekupang, Kota Batam.

"Dengan terkonfirmasi, pasien ini kemudian ditetapkan sebagai kasus baru Covid-19 Nomor 363 Kota Batam," timpalnya.

Kemudian, pasien ketiga yang dinyatakan positif adalah Seorang laki-laki berinisial HW, berusia 19 tahun, Mahasiswa, beralamat kost di kawasan perumahan Kurnia Djaya Alam, Kelurahan Belian Kecamatan Batam Kota. Yang bersangkutan merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 364 di Kota Batam.

Selanjutnya, jelas Rudi, pasien keempat adalah seorang perempuan berinisial SH, berusia 29 tahun, ASN -Nakes, beralamat di kawasan perumahan Bukit Jodoh, Sei Panas, Kelurahan Sei Panas, Kecamatan Batam Kota. Ia merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 365 Kota Batam.

Pasien kelima yang terkonfirmasi Positif Covid-19, lanjutnya, adalah seorang laki-laki berinisial BK, berusia 27 tahun, ASN Pemko Batam, beralamat di kawasan perumahan KPR Sekawan Batam Centre, Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota.

"Yang bersangkutan bertugas di bagian Protokol Pemerintah Kota Batam. Setelah diketahui positif Covid-19, ia lalu ditetapkan sebagai kasus baru Covid-19 Nomor 366 Kota Batam," tambahnya.

Pasien positif yang keenam, sambungnya, adalah seorang perempuan berinisial RWG, berusia 27 tahun, Ibu Rumah Tangga, beralamat di kawasan perumahan Bukit Tiban Selaros, Kelurahan Tiban Indah, Kecamatan Sekupang, Kota Batam.

Pasien ini merupakan Ibu kandung dari Terkonfirmasi Positif Nomor 312 yang sudah dinyatakan sembuh. "Ia menjadi kasus baru Covid-19 Nomor 367 Kota Batam," ungkap Rudi.

Sementara pasien terakhir yang terkonfirmasi positif Covid-19 adalah seorang Laki-laki berinisial S, berusia 36 tahun, Swasta, beralamat di kawasan perumahan Puri Malaka, Kelurahan Tiban Baru, Kecamatan Sekupang.

Pasien ini diketahui positif Covid-19, saat datang berobat ke UGD RS St. Elisabeth Lubuk Baja dengan keluhan demam, batuk dan pilek disertai hidung tersumbat sejak tiga hari yang lalu.

Sesuai dengan keluhannya tersebut, jelas Rudi, dokter lalu melakukan pemeriksaan secara intensif dengan melakukan pemeriksaan RDT yang hasilnya diperoleh IgG,IgMNon Reaktif dan dilanjutkan dengan pemeriksaan Rontgen Thorax yang hasilnya menyimpulkan Pneumonia Ringan.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut dokter Lalu melakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya diterima dan diketahui pada hari ini Terkonfirmasi Positif. Ia kemudian ditetapkan kasus baru Covid-19 Nomor. 368 Kota Batam," tuturnya.

Walaupun telah dinyatakan positif, sejauh ini kondisi para pasien dalam keadaan stabil. Saat ini, mereka dalam persiapan untuk di evakuasi keruang perawatan isolasi atau karantina di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang, Kota Batam.

Editor: Yudha