Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bisa Merusak Sistem Kekebalan Tubuh, Hindari 3 Jenis Minuman Ini
Oleh : Redaksi
Rabu | 12-08-2020 | 10:44 WIB
minuman-bersoda1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Di tengah pandemi, daya tahan tubuh harus dijaga dengan baik. Untuk menjaganya, hindari beberapa jenis minuman yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh.

Sistem kekebalan tubuh sendiri bertanggung jawab atas imunitas, yang merupakan pertahanan tubuh terhadap ancaman penyakit yang datang dari luar.

Faktanya, apa pun yang masuk ke dalam mulut bisa memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Ada beberapa makanan dan minuman yang dapat membantu meningkatkan sistem imun, tapi ada pula yang justru dapat menurunkan.

Berikut beberapa jenis minuman yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh, mengutip berbagai sumber.

1. Minuman bersoda
Apa pun jenis, minuman bersoda jelas tak baik untuk kesehatan. Mengutip Hyperbiotics, minuman bersoda kaya akan bahan-bahan buatan, termasuk pemanis seperti aspartam. Tak ada satu pun di antara bahan-bahan buatan ini yang dapat membantu menjaga fungsi kekebalan tubuh.

Penelitian telah menunjukkan bahwa bahan-bahan tersebut dapat mengurangi kemampuan bakteri baik pada usus dan berdampak buruk terhadap metabolisme glukosa. Keduanya bisa berdampak pada menurunnya kemampuan tubuh merespons potensi ancaman penyakit dari luar.

2. Minuman tinggi gula
Berbagai jenis minuman kemasan tersedia di pasaran. Sayangnya, banyak dari minuman kemasan itu tinggi akan kandungan gula dan berbahaya untuk imunitas.

Konsumsi gula diklaim dapat menekan sel kekebalan tubuh. Mengutip Web MD, sebuah penelitian menunjukkan, makan atau minum delapan sendok makan gula (setara dengan satu minuman bersoda) dapat menurunkan kemampuan sel darah putih untuk membunuh kuman.

3. Minuman beralkohol
Telah banyak penelitian yang memperlihatkan kebiasaan minuman beralkohol dengan sistem kekebalan tubuh. Minuman beralkohol ditemukan dapat mengganggu daya tahan tubuh.

Mengutip Healthline, alkohol dapat mempersulit sistem kekebalan tubuh untuk bersiap dan melindungi tubuh dari kuman berbahaya.

"Alkohol memiliki beragam efek buruk untuk tubuh, termasuk pada semua sel kekebalan tubuh, yang menyebabkan peningkatan risiko infeksi serius," ujar ahli kesehatan, Jennifer Edelman.

Di paru-paru, alkohol bisa merusak sel kekebalan tubuh yang memiliki tugas penting untuk membersihkan patogen dari jalur napas. Sementara di usus, alkohol dapat memicu peradangan dan menghancurkan bakteri baik yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh.

Hindari konsumsi tiga jenis minuman yang dipercaya dapat merusak sistem kekebalan tubuh di atas agar terhindar dari infeksi.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha