Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rahma Apresiasi Program Hanpangan Kodim 0315/Bintan di Tengah Pandemi Covid-19
Oleh : Asyari
Jumat | 07-08-2020 | 19:20 WIB
jagung-tpi.jpg Honda-Batam
Plt Wali Kota Tanjungpinang, Rahma bersama Dandim 0315/Bintan, Kolonel Inf I Gusti Ketut Artasuyasa dan pejabat lainnya saat panen jagung, program ketahanan pangan TNI, Kamis (6/8/2020). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Plt Wali Kota Tanjungpinang, Hj. Rahma mengapresiasi program ketahanan pangan (Hanpangan) Kodim 0315/Bintan di tengah pandemi Covid-19.

Apresiasi ini disampaikan Rahma usai mengikuti panen jagung --bagian dari Hanpangan TNI-- di lahan Makodim 0315/Bintan, Jalan Ahmad Yani, Km 5 Kota Tanjungpinang, Kamis (6/8/2020).

Plt Wali Kota Tanjungpinang, Rahma menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi dan mendukung penuh TNI yang terus memberikan inovasi dan tak pernah lelah membina masyarakat petani untuk membuat terobosan peningkatan ketahanan pangan di wilayah dalam upaya peningkatan nilai ekonomi masyarakat.

"Kegiatan ini sebagai perwujudan kerja sama dan solidaritas yang tinggi dari Kodim 0315/Bintan bersama pemerintah dan para penyuluh di lapangan untuk mewujudkan swasembada jagung di Kota Tanjungpinang. Terbukti, hasilnya bagus dengan memanfaatkan lahan tidur sebagai lahan pertanian," ungkap Rahma.

Sementara itu, Dandim 0315/Bintan, Kolonel Inf I Gusti Ketut Artasuyasa menjelaskan, di tengah menghadapi wabah Covid-19 saat ini, TNI ikut membantu pengadaan ketersediaan pangan di wilayah militer Bintan dan Tanjungpinang. Ini juga upaya membantu Pemerintah Daerah untuk meningkatkan ketersediaan pangan.

Lanjut Dandim Bintan, adapun jagung yang dipanen saat ini jenis Pertiwi-3 dengan varietas yang paling cocok ditanam di lahan perkebunan Makodim 0315/Bintan, seluas 0,5 Hektare.

"Dari hasilnya yang kita panen, murni dikerjakan anggota TNI. Dengan apa yang sudah kita perbuat ini semoga bisa mendorong masyarakat untuk memanfaatkan lahan pertanian dengan maksimal, dan sebagai lahan perkembunan percontohan bagi warga masyarakat dalam upaya kita bersama mempertahankan ketahanan pangan Wil Makodim 0315/Bintan," jelasnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Sekertaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs Teguh Ahmad Syafari; Sekertaris Dewan, H Efendi; Unsur FKPD, serta undangan lainnya.

Editor: Gokli