Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Seorang Warga Bengkong Mandiri Batam Positif Covid-19
Oleh : Paskalis Rianghepat
Rabu | 05-08-2020 | 11:48 WIB
corona_virus12211.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Batam, kembali mengumumkan seorang warga Batam terkonfirmasi positif tertular Virus Corona atau Covid-19 Batam.

Pasien baru yang dinyatakan positif Covid-19, disampaikan Walikota Batam Muhammad Rudi, melalui siaran pers, Selasa (4/8/2020) kemarin.

"Pasien ini dinyatakan positif berdasarkan hasil pemeriksaan swab oleh Tim analis BTKLPP Batam dari hasil temuan kasus baru di Kota Batam," kata Rudi.

Pasien yang dinyatakan positif, kata dia, merupakan seorang laki-laki berinisial EI berusia 51 tahun, pekerjaan wiraswasta, beralamat di perumahan Bengkong Mandiri, Kelurahan Tanjung Buntung, Kecamatan Bengkong, Kota Batam.

"Setelah dinyatakan positif, yang bersangkutan ditetapkan sebagai kasus baru Covid-19 Nomor 336 Kota Batam," ujarnya.

Pasien ini, ungkapnya, diketahui positif setelah datang berobat ke RS Harapan Bunda Batam karena keluhan nyeri ulu hati disertai mual, pusing dan batuk sejak lima hari yang lalu.

Berdasarkan keluhan tersebut, lanjutnya, dokter kemudian melakukan pemeriksaan itenaif dengan hasil pemeriksaan Diagnosis Dispepsia, Bronkopneumonia + Suspect Covid-19. Dari hasil itu, sebutnya, dokter merekomendasikan kepada yang bersangkutan untuk menjalani rawat inap diruang isolasi RS Harapan Bunda.

"Berdasarkan diagnosa tersebut, yang bersangkutan lalu mengikuti swab tenggorokan yang hasilnya diterima dan diketahui pada hari ini dengan Terkonfirmasi Positif," tambahnya.

Walau sudah dinyatakan positif, sambungnya, sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan relatif stabil dan masih berada di ruang isolasi RS Harapan Bunda Batam guna menjalani perawatan dan pengobatan untuk mengatasi gangguan kesehatan yang dialaminya.

"Dengan penambahan ini, total pasien Covid-19 yang masih dirawat sebanyak 67 orang dari total 336 pasien yang terkonfirmasi positif, dengan perincian 15 pasien telah meninggal dunia serta 254 telah dinyatakan sembuh," pungkasnya.

Editor: Yudha