Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diprioritaskan, BTKLP Batam Pastikan Wali Kota Batam Rudi Sudah Uji Swab
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 04-08-2020 | 14:36 WIB
A-ISMAIL-BATAM_jpg2.jpg Honda-Batam
Kasubag Tata Usaha (TU) Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas 1 Batam, Ismail. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Saat ini, beredar kabar bahwa Wali Kota Batam Muhammad Rudi belum melakukan tes sweb Covid-19, pasca kontak langsung dengan Gubernur Kepulauan Riau, Isdianto yang telah dinyatakan positif tertular Covid-19.

Namun kabar itu dibantah oleh Ismail, Kasubag Tata Usaha (TU) Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas 1 Batam, Sagulung Batam.

"Sempel Walikota Batam Muhammad Rudi sudah diuji, hasilnya kemarin sore sudah keluar, dan negatif Covid-19. Saya saksi matanya," tegas Ismail saat dijumpai di kantornya, Selasa (4/8/2020) siang.

Ismail mengatakan, sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) hasil uji tes sweb yang dilakukan BTKLPP Kelas 1 Batam, baru keluar atau dirilis tim Gugus Tugas Covid-19 selama dua hari setelah diuji.

Namun khusus para pejabat hasil dari contack tracking Gubernur Kepulauan Riau, Isdianto didahulukan dengan masyarakat. Ia menilai pejabat berkerja untuk negara.

"Semua kita utamakan, cuma dalam proses sampel pejabat disegerakan atau packing sempelnya dipisahkan dengan masyarakat. Sehingga kita gampang dalam proses anboksing (identifikasi) sampel sampai masuk ke mesin visiar," ungkap Ismail.

Ia mengakui sempel pejabat dari Tanjungpinang dan Bintan belum sepenuhnya keluar hasil tes swebnya. Lantaran sempel-sempel yang diterima BGKLPP tergabung dengan masyarakat.

"Sempel Ibu Rahma Wakil Walikota Tanjungpinang belum ketemu. Dari kemarin malam sampai saat ini masih dicari. Seharusnya sampel pejabat disendirikan, jangan digabung dengan masyarakat. Ini yang menjadi kendala dan menyulitkan kami dalam melakukan identifikasi," kata Ismail.

Editor: Dardani