Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Petani Desa Bukit Langkap Lingga Panen Padi Perdana di 2020
Oleh : Wandy
Selasa | 04-08-2020 | 11:48 WIB
panen1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Panen padi Desa Bukit Langkap Lingga. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Petani Desa Bukit Langkap, Kabupaten Lingga melakukan panen padi pertama di tahun 2020.

Marwanto salah satu petani Desa Langkap mengatakan, hasil panen dari tahun 2019 lalu hingga 2020 ini mengalami peningkatan.

Dimana ada 12 hektar sawah yang akan dipanen yang terdiri dari 5 varietas unggul, yakni Inpago 9, Inpago 12, Inpara 6, Inpara 8, serta Bio Patenggang dimana untuk masa panennya dimulai awal bulan Agustus hingga awal september 2020.

"Untuk panen saat ini hanya 1 hektar, dan ahamdulillah ada peningkatan hasil dari tahun sebelumnya. Untuk hasil panen ubinan produktifitas varietas inpago 9 mencapai 4,9 ton/ha, sementara untuk Varietas inpago 12 berkisar 3,68 ton/ha," jelas Marwanto, Selasa (4/8/2020).

Sementara itu, Kepala Desa Bukit Langkap, Sudarmin menuturkan, bahwa ia sangat senang dengan hasil panen di tahun ini, ia berharap untuk persawahan desa Bukit Langkap terus mengalami peningkatan dari hasil panen. Apalagi pemerintah Kabupaten, provinsi maupun pusat terus menggesa agar petani di seluruh Indonesia bisa menjadi petani yang mandiri.

"Alhamdulillah ada peningkatan tahun ini, kalau tahun lalu petani masih memikirkan masalah hama dan penyakit untuk kedepannya petani lebih memikirkan peningkatan produktivitas hasil panen," tutur Sudarmin.

Sudarmin juga berharap hasil panen kali ini bisa berkontribusi terhadap pemenuhan cadangan pangan masyarakat Lingga.

"Dan untuk pemasaran Pemerintah Desa sudah berkoordinasi kepada pengurus Bumdes sehingga ada peningkatan ekonomi untuk masyarakat," ungkapnya.

Editor: Yudha