Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Konsisten Berkurban, Idul Adha Tahun Ini Uniba Kurban 3 Sapi dan 2 Kambing
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Jumat | 31-07-2020 | 14:54 WIB
A-UNIBA-KURBAN.png Honda-Batam

PKP Developer

Ketua Pengawas Yayasan Griya Husada Uniba Prof Jimmy Rumengan saat menyaksikan penyembelihan hewan kurban. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Universitas Batam (Uniba) sejak berdirinya sekitar 20 tahun yang lalu, tetap konsisten dan istiqomah melakukan kurban di setiap hari raya Idul Adha. Jumlahnya juga istiqomah setiap tahunnya, yaitu 3 ekor sapi dan 2 ekor kambing.

Seperti yang dilakukan pada Jumat (31/7/20) ini, pihak Uniba juga menyembelih hewan kurban. Daging hewan kurban itu dibagikan ke warga di kawasan hinterland di Batam salah satunya di kawasan Punggur, Nongsa.

Ada sedikit perbedaan teknis penyembelihan, pemotongan dan pembagian daging kurban pada Idul Adha 1441 H Tahun 2020 ini. Lantaran saat ini situasi Pandemi Covid-19, pihak Uniba menggunakan protokol kesehatan dan daging tersebut tidak diantar kerumah rumah warga.

"Kali ini dengan tetap menggunakan protokol kesehatan, jadi dagingnya langsung dibagikan pada pengurus RT/RW dikawasan yang mendapatkan daging ini," ujar Ketua Pengawas Yayasan Griya Husada Uniba Prof Jimmy Rumengan yang ditemui di lokasi penyembelihan hewan kurban tersebut.

Sementara itu, pemindahan hewan kurban yang sudah dipotong karena tidak melibatkan orang banyak, pihak Uniba menggunakan bantuan sebuah ekskavator.

"Menggunakan eskavator 1 unit dengan tujuan memudahkan, itu yang membedakan tahun ini dan yang sebelumnya," ujarnya.

Selain itu, dia juga mengatakan pihak Uniba sejak tahun 2006 silam juga selalu memberikan bantuan tiap bulan pada kalangan yang kurang mampu. Bantuan ini tidak membedakan suku agama dan ras namun untuk semua pihak yang merasa tidak mampu.

"Jadi kalau ada yang tidak mampu dan dibuktikan dengan surat tidak mampu dari pemerintah tempat tinggalnya, kita bantua untuk semua pihak," ujarnya.

Bantuan ini berupa 10 kg beras, gula pasir dan lauk pauk seperti Mie Instan dan sebagainya. Selain itu juga ada bea siswa bagi anak yatim dan anak terlantar.

Pada kesempatan ini dia juga mengatakan bahwa berkurban ini adalah salah satu bentuk keikhlasan. Selain itu kurban juga membawa kearah yang lebih bermakna

"Semoga esensi utama dari kurban akan senantiasa tertanam dalam setiap jiwa dan hati kita," tutupnya.

Editor: Dardani