Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Raja Salman Keluar dari Rumah Sakit Usai Operasi Kantung Empedu
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 31-07-2020 | 10:44 WIB
Raja-Salman-BTD1.jpg Honda-Batam
Raja Salman.

BATAMTODAY.COM, Jakarata - Penguasa Arab Saudi, Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud meninggalkan rumah sakit pada hari Kamis (30/7/2020) waktu setempat, setelah dirawat di rumah sakit selama 10 hari usai menjalani operasi pengangkatan kantong empedunya.

"Penjaga Dua Masjid Suci, Raja Salman, meninggalkan rumah sakit setelah Tuhan memberkatinya dengan kesehatan dan kesejahteraan," kata media pemerintah Saudi dalam keterangan foto yang menyertai raja berjalan keluar dari gedung rumah sakit, seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (31/7/2020).

Kementerian Luar Negeri Saudi juga memposting video di Twitter yang memperlihatkan Raja Salman meninggalkan rumah sakit, berjalan dengan bantuan tongkat dan disertai dengan para pengiring termasuk putranya, Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Sebelumnya, pihak kerajaan mengatakan seminggu yang lalu bahwa Raja Salman menjalani operasi laparoskopi untuk mengangkat kandung empedu di rumah sakit Raja Faisal di Riyadh.

Sangat jarang bagi Arab Saudi untuk melaporkan kesehatan raja berumur 84 tahun itu, yang telah memerintah kerajaan eksportir minyak utama dan ekonomi terbesar dunia Arab sejak 2015.

Sebelumnya pada tahun 2017, Arab Saudi membantah pemberitaan dan spekulasi yang beredar bahwa Raja Salman berencana untuk turun tahta demi Pangeran Mohammed, yang dianggap sebagai penguasa de facto.

Di bawah pemerintahan Raja Salman, Arab Saudi telah meluncurkan reformasi ekonomi yang ambisius untuk era pasca-minyak dan memberikan lebih banyak hak kepada perempuan, tetapi juga mengadopsi kebijakan luar negeri yang lebih tegas dan melakukan intervensi militer dalam perang di Yaman.

Sumber: Detik.com
Editor: Yudha