Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bawaslu Karimun Ajak Insan Pers Berperan Jaga Netralitas di Pilkada 2020
Oleh : Freddy
Selasa | 14-07-2020 | 19:36 WIB
media-gathering-bawaslu2.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ketua Bawaslu Karimun, Nurhidayat bersama komisioner lainnya saat acara media gathering di Hotel Alisan Tanjungbalai Karimun. (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karimun mengajak insan media untuk ikut berperan aktif menjaga netralitas dalam Pilkada 2020.

Hal ini disampaikan Ketua Bawaslu Karimun, Nurhidayat saat media gathering yang mengambil tema 'Peran Aktif dan Netralitas Media dalam Pilkada 2020 di Kabupaten Karimun' dilaksanakan di Hotel Alisan Tanjungbalai Karimun, Selasa (14/7/2020).

Nurhidayat dalam sambutanya mengatakan, kegiatan media gathering merupakan kegiatan perdana yang dilaksanakan di hotel yang mana sebelumnya berbagai kegiatan dilaksanakan di kantor Bawaslu Karimun.

"Sahabat media merupakan mitra yang paling potensial bagi Bawaslu Karimun dalam menjalankan tugas," ujar Nurhidayat.

Nurhidayat menjelaskan, hari ini merupakan hari yang ke-30 setelah tahapan Pilkada serentak 2020 dilanjutkan kembali karena adanya wabah pandemi Covid-19.

Selain itu, Nurhidayat mengatakan, sekarang ini masih ada waktu lebih kurang 78 hari lagi menjelang berakhirnya tahapan Pilkada 2020. Saat ini, sedikit berbeda dari Pilkada sebelumnya atau Pemilihan legislatif pada tahun 2019 lalu yang sangat kompleks tetapi masih ada ruang.

Ia mengatakan, pada kegiatan media gathering yang dilaksanakan hari ini, mungkin dirasakan ada sesuatu yang berbeda, di mana seluruh yang hadir diwajibkan memakai masker, hand sanitizer dan jaga jarak duduk.

Diterangkan Nurhidayat, kondisi politik di Kabupaten Karimun saat ini sudah mulai terasa menghangat dan ada potensi kerawanan. "Melalui media inilah nantinya yang bisa membantu menetralisir keadaan dan situasi yang tidak normal atau suasana panas atau sebaliknya sahabat media juga yang justru akan semakin memanasi suasana," ucapnya.

Sambung Nurhidayat, untuk itu Bawaslu Karimun mengadakan kegiatan media gathering bersama insan pers guna membahas berbagai hal yang berpotensi ke depan dalam pelaksanaan Pilkada 2020 di Kabupaten Karimun dan sekaligus membangun sinergitas Bawaslu Karimun dengan insan media yang lebih baik lagi ke depannya.

Pada kesempatan ini, komisioner Bawaslu Karimun, Tiuridah Silitonga memaparkan, terkait keterbukaan informasi publik yang berkaitan penyampaian informasi yang dibolehkan dan sebaliknya, informasi yang dikecualikan untuk dapat langsung disampaikan ke media maupun publik.

Sementara dari kalangan insan pers mempertanyakan seputar data serta masalah apa saja yang boleh atau sebaliknya tidak diperbolehkan untuk diinformasikan ke publik terkait dengan Pilkada.

Selain itu, juga ditanyakan berkaitan dengan pelanggaran Pilkada baik berupa pelanggaran pidana, pelanggaran administrasi dan pelanggaran etik serta pelanggaran lainnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Bawaslu Kabupaten Karimun, Nurhidayat yang didampingi komisioner Bawaslu, Tiuridah Silitonga dan Fadli, sekretaris Bawaslu Karimun, Opa serta kalangan insan pers.

Editor: Gokli