Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perajin Ini Sulap Kelapa Kering Jadi Karya Seni Unik
Oleh : Redaksi
Selasa | 07-07-2020 | 14:36 WIB
sabuk.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Perajin menyulap kelapa kering jadi karya seni. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Subang - Siapa sangka, kelapa kering yang sudah dianggap sampah dan tak bernilai, bisa dimanfaatkan dan dapat menghasilkan uang. Yusef Yudiana (45) seorang perajin asal subang, Jawa Barat, menyulapnya menjadi sebuah karya seni yang unik dan indah.

Ia ukir sampah tersebut menjadi sebuah karya seni ukir wajah baik wajah pewayangan, tokoh maupun ikonik lainnya. Uniknya lagi, bentuk kelapa yang berbeda-beda menjadikan bentuk wajah yang tak serupa.

Yusef mengaku sudah menggeluti dunia seni ini sejak 2001 lalu, namun karena ia membutuhkan perajin lainnya maka ia membuat sebuah kelompok perajin di subang.

"Ini dimulai dari tahun 2001, kita mulai secara personiliti pribadi dan kemudian meregenerasi karena pola pasar itu dengan sendirinya menuntut keterlibatan orang lain. Kita bikin namanya kalong malam art," ujar Yusef di galerinya di jalan raya Jalan Cagak, Subang, Selasa (06/07/2020).

Bakat yang sudah terasah membuat tangan terampilnya secara cepat mengukir sebuah kelapa kering. Hanya membutuhkan waktu 20 menit, karya seni ukir wajah mampu ia ciptakan.

"Waktu 15 sampai 20 menit bisa saya selesaikan satu ukiran kelapa kering. Secara teknis alhamdulillah enggak ada kendala," katanya.

Yusef dan rekan-rekannya tidak hanya membuat kerajinan dari bahan kelapa kering, tetapi dia mayoritas 60 persen membuat kerajinan dari bahan kayu lame dan 40 persen dari batu, limbah, dan bahan lainnya.

"Kayu lame membuat seperti singa, patung pewayangan atau golek, kami juga mampu membuat sarung golok," jelas Yusef.

Keuletan dan keterampilan menjadi modal besar para perajin, hasil karya seninya ini sudah dipasarkan hingga ke laur pulau jawa, mereka juga kerap mengikuti sejumlah ajang pameran. Namun bukan tanpa kendala, mereka terganjal modal untuk pemasaran hingga ke tingkat negara.

"Harga ukiran kelapa kering tergantung ukuran, ada yang mulai harga Rp 25 ribu, Rp 30 ribu, Rp 75 ribu hingga Rp 100 ribu. Bagi pemesan pun boleh minta gambar apa saja," katanya yang mengaku belajar secara otodidak ini.

Sumber: Detik.com
Editor: Chandra