Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Idul Adha, Penjual Hewan Kurban di Batam Kebanjiran Orderan
Oleh : Paskalis RH
Senin | 06-07-2020 | 17:37 WIB
ali-kurban.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ali Mustafa, seorang penjual hewan kurban di bilangan Tembesi, Kecamatan Sagulung. (Foto: Paskalis RH)

BATAMTODAY.COM, Batam - Meski di tengah pandemi Covid-19, para penjual hewan kurban di Batam mulai bermunculan. Bahkan, saat ini jumlah pesanan hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha pada 30 Juli 2020 mendatang, kian meningkat.

Hal itu diungkapkan Ali Mustafa, seorang penjual hewan kurban di bilangan Tembesi, Kecamatan Sagulung saat ditemui, Senin (6/7/2020). "Walaupun lebaran haji masih menyisahkan beberapa pekan lagi, namun pesanan hewan kurban khususnya sapi dan kambing lokal di tempat saya, mulai kebanjiran orderan," kata Ali.

Peningkatan pesanan hewan kurban, kata dia, mulai signifikan. Pasalnya, dalam beberapa minggu terakhir, dia mampu menjual kurang lebih seratus ekor sapi.

Ali menjelaskan, dia sudah dari jauh hari dihubungi para panitia kurban. "Alhamdulillah beberapa ekor sudah dipesan, dan yang mesan sapi dan kambing kebanyakan dari panitia kurban," ucap dia.

Pria yang tinggal tidak jauh dari kandang hewan kurban itu menyediakan aneka jenis hewan. Di antaranya sapi bali dan kambing yang didatangkan langsung dari Lampung dan Jambi.

Sapi dan kambing kurban di kandangnya, kata Ali, dijual dengan harga bervariasi, mulai dari Rp 18,5 juta hingga Rp 40 juta. Sementar harga kambing berkisar antara Rp 2,5 juta sampai dengan Rp 5 juta.

"Kisaran harga hewan kurban ini tergantung ukuran dan jenisnya," ungkap dia.

Para pelanggan, lanjutnya, sudah jauh hari memesan hewan kurban untuk menghindari lonjakan harga. Sebab dia memperkirakan, harga hewan kurban akan terus mengalami kenaikan yang signifikan seminggu sebelum hari raya.

Editor: Gokli