Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pasien Covid Terus Berkurang, Rudi: Tak Ada Lagi Wilayah Zona Merah di Batam
Oleh : Pascall Rianghepat
Senin | 29-06-2020 | 11:48 WIB
sembuh-corona-bp2.jpg Honda-Batam
Pasien Covid-19 yang dirawat di RSBP Batam telah sembuh dan diperbolehkan pulang beberapa waktu lalu. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Jumlah pasien positif Covid-19 di Batam beberapa waktu terakhir mengalami penurunan yang cukup signifikan. Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Batam mencatat, dari 220 pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19, kini hanya tinggal 31 pasien yang masih dalam perawatan.

Hal itu diungkapkan ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Batam, Muhammad Rudi melalui keterangan tertulis yang diterima BATAMTODAY.COM, Minggu (28/6/2020) malam.

Perkembangan kasus COVID-19 di Kota Batam, kata Rudi, dalam beberapa waktu terakhir menuju trend positif seiring bertambahnya pasien terkonfirmasi positif yang dinyatakan sembuh.

"Dari total 220 pasien positif, 177 pasien diantaranya sudah dinyatakan sembuh serta 12 orang telah meninggal dunia. Sehingga total pasien positif yang masih dirawat hingga saat ini hanya tinggal 31 orang," terang Rudi.

Ke-31 pasien tersebut, kata Rudi, 28 diantaranya masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Galang, sementara 3 pasien lainnya sedang dirawat di Rumah Sakit Badan Pengusahaan Batam (RSBP).

Rudi menjelaskan, pada akhir pekan kemarin, 17 orang dinyatakan sembuh. Kesembuhan para pasien ini merupakan satu kabar yang menggembirakan.

"Saat ini kondisi para pasien yang masih menjalani perawatan semuanya dalam keadaan sehat dan stabil," ujarnya.

Dengan penambahan pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh dan tidak ada tambahan pasien positif baru, maka kini tidak ada wilayah di Kota Batam yang masuk dalam kategori zona merah.

Sementara itu, lanjutnya, delapan kecamatan lainnya menjadi zona kuning, yaitu Kecamatan Batuampar dengan seorang warga masih dalam perawatan, Kecamatan Sekupang dengan dua orang dalam perawatan, dan Kecamatan Sagulung dengan seorang masih dalam perawatan.

"Bahkan, empat kecamatan sudah menjadi zona hijau karena tidak ada lagi warga yang terpapar Virus Corona, yaitu Kecamatan Batuaji, Bulang, Galang dan Belakangpadang," tutupnya.

Editor: Yudha