Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Meski Kuota Lebih, Kadisdik Bintan Tegaskan Sekolah Wajib Akomodir Calon Siswa
Oleh : Harjo
Sabtu | 27-06-2020 | 13:37 WIB
kadisdik-thamsir.png Honda-Batam
Kadisdik Bintan, Tamsir. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Sebagian orangtua masih mengawatirkan penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sekolah di Bintan. Alasannya, para calon siswa yang mendaftar melebihi kuota sekolah dan keterbatasan ruang belajar.

Menanggapi kekhawatiran para orang tua tersebut, salah seorang tokoh pemuda Serikuala Lobam Bintan, M. Dragon kepada BATAMTODAY.COM mengungkapkan, diantara sekolah yang melebihi daya tampung ruang belajarnya itu adalah SMPN 16. Di mana, jumlah pendaftar lebih dari 170 orang. Padahal, daya tampung hanya 96 siswa dengan tiga ruang kelas.

"Ini jelas harus ada solusinya, agar calon siswa baru bisa tertampung. Mengingat pendaftar hampir dua kali lipat dari kuota," harap M. Dragon.

Ditambahkannya, itu baru satu sekolah, bagaimana dengan permasalahan di sekolah lain, baik tingkat SD dan SMP, jelas secara keseluruhan perlu perhatian dari dinas terkait.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Bintan, Tamsir, calon siswa tetap diterima, termasuk dicarikan alternatif sekolah terdekat. Dan apa bila tidak bisa juga, tetap diterima disekolah tersebut.

"Bagi sekolah yang kekurangan ruang kelas, kita usahakan tambahan ruang kelas lagi, di APBD Perubahan 2020," katanya.

Editor: Dardani