Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Akademisi Kota Batam Gelar Diskusi Daring Pembangunan Papua
Oleh : Putra Gema
Rabu | 24-06-2020 | 20:06 WIB
bahas-papua.jpg Honda-Batam
Webinar Kebangsaan bertema 'Pembangunan Papua Dalam Bingkai NKRI' yang diselenggarakan LPPM Universitas Internasional Batam. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pembangunan yang terus berlangsung di wilayah Papua tak luput dari perhatian masyarakat Indonesia, termasuk kalangan akademisi di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Beberapa akademisi pun turut mengikuti Webinar Kebangsaan bertema 'Pembangunan Papua Dalam Bingkai NKRI' yang diselenggarakan LPPM Universitas Internasional Batam.

Turut hadir dalam diskusi daring ini, Dosen Universitas Internasional Batam, Golan Hasan sebagai moderator diskusi, Ketua BP Kawasan Tanjungpinang Dean Yealta, Ketua PW ISNU Kepri Muhammad Zainuddin dan Rektor Universitas Putera Batam Nur Elfi Husda.

Ketua BP Kawasan Tanjungpinang, Dean Yealta, dalam diskusi daring tersebut mengapresiasi upaya pemerintah yang secara massif melaksanakan pembangunan infrastruktur di wilayah Papua dalam periode 5 tahun terakhir. "Papua menjadi wilayah yang akan maju, yang paling penting itu dilihat secara fisik, pembangunan infastruktur dilihat dari 5 tahun terakhir ini sangat pesat," kata Dean, Rabu (24/6/2020).

Diungkapkannya, dengan adanya berbagai pembangunan, termasuk diantaranya pembangunan infrastruktur bandara, pelabuhan, terminal bus dan jalan Trans Papua dapat mempercepat laju pertumbuhan ekonomi di Papua.

Tidak hanya itu, pemerintah juga secara holistik terus berupaya meningkatkan pembangunan di sektor pendidikan, kesehatan dan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat sehingga mahasiswa diharapkan tidak mudah terprovokasi isu negatif yang tersebar di media sosial.

"Kita tahu informasi itu sekarang mudah sekali kita dapat, jika mendapatkan informasi dari media sosial, kita harus cek terlebih dahulu informasi tersebut, kita filter dulu, itu benar atau tidak, barulah kita share, jadi jangan sembarang share informasi yang beredar di media sosial," ujarnya.

Di waktu yang bersamaan, Ketua PW ISNU Kepri, Muhammad Zainuddin mengatakan, pembangunan Papua tidak bisa lepas dari perspektif historis kebangsaan, politik dan ekonomi. Hingga saat ini, pemerintah telah melaksanakan berbagai pembangunan mega proyek untuk memajukan Papua.

"Sejak Pemerintah Jokowi ini luar biasa, kita bisa lihat pembangunan mega proyek, seperti jalan, bandara, pelabuhan yang memperlihatkan pemerintah sangat memperhatikan Papua," ungkap Zainuddin yang sekaligus merupakan Dosen Politeknik Negeri Batam.

Rektor Universitas Putera Batam, Nur Elfi Husda juga mengharapkan agar pemerintah dapat terus memprioritaskan pembangunan di Papua. Hal ini untuk meratanya pembangunan di seluruh wilayah Indonesia sehingga tidak lagi terdapat suatu daerah yang memiliki keterbelakangan infrastruktur.

Editor: Gokli