Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Warga Natuna Jadi Pasien Covid-19 di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru
Oleh : Redaksi
Minggu | 07-06-2020 | 13:04 WIB
RSUD_arifin_achmad.jpg Honda-Batam

PKP Developer

RSUD Arifin Achmad Pekanbaru, Riau (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Pekanbaru - Provinsi Riau mengalami penambahan satu pasien positif Covid-19 yakni seorang warga asal Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (6/6/2020). Warga tersebut diketahui sedang melancong ke Provinsi Riau.

Juru Bicara Covid-19 Riau, dr Indra Yovi mengatakan dengan penambahan tersebut maka total kasus terkonfirmasi positif di Riau kini mencapai 118.

"Pasien 118 positif Covid-19 di Riau adalah Bapak HW, 46 tahun, yang merupakan warga Kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan Riau yang sedang berkunjung ke Provinsi Riau," katanya, Sabtu.

Pasien tersebut kini sudah diisolasi dan dirawat di RSUD Arifin Achmad, Kota Pekanbaru. Pasien HW diketahui terinfeksi Covid-19 hasil dari tes PCR (Polymerase Chain Reaction) mandiri untuk keperluan melakukan perjalanan pulang ke Natuna.

Menurut dia, pasien tersebut memiliki perjalanan cukup panjang ke Riau. Ia sempat plesiran ke tempat wisata Sungai Hijau, di Kabupaten Kampar pada 25 Mei.

Pasien tersebut dua kali berkunjung ke destinasi wisata tersebut, yakni pada 25 Mei dan 28 Mei. "Kemudian (pasien) mengalami demam dan dirawat di RS Eka Hospital," katanya.

Dinas kesehatan segera melakukan penelusuran (tracing contact) dengan mengambil spesimen untuk tes swab PCR terhadap keluarga pasien HW, dan juga orang-orang yang kontak langsung dengannya.

"Kita akan melakukan tracing contact terhadap perjalanan pasien. Dan lebih luasnya oleh Dinas Kesehatan Kampar dan juga Dinas Kesehatan Pekanbaru, ke mana saja perjalanan pasien selama ini," katanya.

Total kasus positif Covid-19 di Riau kini ada 118 kasus positif dengan rincian 11 pasien dirawat, 101 sehat dan sudah dipulangkan, serta enam meninggal dunia.

Sumber: Antara