Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kesadaran Pedagang dan Pembeli Pakai Masker di Pasar Puan Maimun Masih Rendah
Oleh : Freddy
Jum\'at | 29-05-2020 | 18:36 WIB
puan-maimun-karimun.jpg Honda-Batam
Aktivitas warga di Pasar Puan Maimun Karimun. (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Kesadaran masyarakat baik pedagang dan pembeli di Pasar Puan Maimun Karimun untuk memakai masker masih sangat minimim.

Padahal, relawan maupun Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sudah berulang kali melakukan imbauan demi memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Berbagai alasan yang mereka utarakan belum memakai masker. Mulai dari yang tertinggal atau lupa dibawa, rasa pengap jika terus menerus dipakai serta malas untuk memakai masker.

Sejumlah pedagang di Pasar Puan Maimun mengatakan, sebenarnya mereka takut juga tak pakai masker karena ada petugas dan relawan yang selalu mengontrol dan menegur mereka. "Karena banyak yang tak menggunakan masker, kami pun coba sekali-kali melepaskan dan tak menggunakan masker," ujar salah seorang pedagang yang tak mau ditulis namanya, Jumat (29/5/2020).

Sementara di luar pintu masuk kawasan Pasar Puan Maimun, terlihat sejumlah relawan yang selalu mengimbau dan memberikan edukasi kepada setiap orang untuk selalu menggunakan masker sesuai anjuran pemerintah dalam menangkal penyebaran Covid-19.

Kadis Kesehatan Kabupaten Karimun, Rahmadi mengatakan, sekarang ini tingkat kesadaran masyarakat menggunakan masker dan berkumpul-kumpul atau berkerumun di lokasi fasilitas umum termasuk di pasar semakin menurun.

Padahal, kata dia, di Pasar Puan Maimun sudah dibentuk tim relawan untuk melakukan edukasi dan pengawasan penggunaan masker, hand sanitizer dan cuci tangan serta membagikan masker pada pedagang maupun pembeli yang berbelanja di pasar tersebut.

Editor: Gokli