Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Juni 2020, Pemko Tanjungpinang Baru Cairkan BLT ke Masyarakat
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 22-05-2020 | 18:36 WIB
blt-ilustrasi-tpi.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau akan mencairkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk masyarakat tidak mampu pada Juni 2020.

Sekretaris Daerah Tanjungpinang, Teguh Ahmad Syafari mengatakan, BLT tidak diberikan pada bulan ini agar penggunaannya tepat sasaran.

Lagi pula, menurut dia, Pemko Tanjungpinang berhati-hati dalam pendataan hingga penyaluran BLT tersebut agar tepat sasaran dan tepat guna. Jumlah penerima BLT mencapai 35 ribu keluarga sehingga sistem penyaluran dan pelaksanaannya harus terukur sehingga tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari.

"Tidak semua warga memiliki rekening bank sehingga secara teknis pemerintah perlu mengambil langkah-langkah komprehensif agar tepat sasaran, dan tidak menimbulkan permasalahan," ujarnya, di Tanjungpinang, Kamis (20/05/2020), seperti dilansir laman resmi Diskominfo Kepri.

Nilai BLT yang disalurkan cukup besar. Satu keluarga memperoleh Rp1,8 juta, dengan rincian Rp 600.000/bulan. Dana tersebut bersumber dari pusat.

Jumlah penerima BLT lebih dari 50 persen dari jumlah keluarga di Tanjungpinang. Pendataan keluarga penerima BLT maupun sembako yang akan dibagikan 26 Mei 2020 itu dilakukan oleh pengurus RT.

Data itu, kata dia, semestinya akurat karena RT yang lebih memahami kondisi masyarakat. RT juga menandatangani berita acara pendataan warga kurang mampu sehingga dapat dipertanggungjawabkan.

Masyarakat diharapkan menggunakan dana tersebut secara maksimal, terutama untuk menutupi kebutuhan pokok sehari-hari. "Kami berharap dana itu digunakan untuk menutupi kebutuhan penting dalam keluarga, bukan untuk lainnya," katanya.

Editor: Gokli