PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hasil Swab Belum Keluar, Seorang Pasien Positif Covid-19 Masih Dirawat di RS Muhammad Sani
Oleh : Freddy
Kamis | 21-05-2020 | 19:52 WIB
rawat-1-kembali.jpg honda-batam
Zulhadi, Direktur RSUD Muhammad Sani Karimun. (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Seorang pasien positif covid-19 yang kembali dirawat di ruang isolasi RSUD Muhammad Sani Tanjungbalai Karimun hingga saat ini belum keluar hasil swabnya.

Pasien yang berusia 15 tahun tersebut beberapa waktu lalu sempat dipulangkan ke rumah untuk menjalani isolasi mandiri di rumah tetapi beberapa hari setelah menjalani isolasi mandiri, pasien anak tersebut dibawa kembali ke RSUD Muhammad Sani meskipun tanpa gejala.

"Pasien anak positif Covid-19 ini, kalau dilihat kondisinya secara umum tidak terlihat gejala dan kesehatannya sudah cukup membaik," kata Zulhadi, Direktur RSUD Muhammad Sani, Kamis (21/5/2020).

Menurutnya, di RSUD Muhammad Sani untuk saat ini masih menangani 1 orang, yakni pasien anak, yang kembali dibawa setelah sempat jalani isolasi mandiri.

Ditambahkan Zulhadi, sambil menunggu keluarnya hasil swab ,pasien anak tersebut masih ditempatkan di ruang isolasi RS Muhammad Sani. "Pengambilan swab pasien sudah dilakukan beberapa hari lalu dan siangnya sampel swab langsung dikirim ke Batam dan sekarang ini masih menunggu hasil swab keluar," pungkasnya.

Ungkap Zulhadi, untuk 2 pasien dalam pengawasan (PDP) sudah dipulangkan pada hari Rabu (20/5/2020) kemarin karena hasilnya negatif.

Sementara berdasarkan update data perkembangan Covid-19 di Kabupaten Karimun per tanggal 21 Mei hingga pukul 12.00 WIB tercatat Pasien positif Covid-19 (PCR) 5 orang, 4 orang sembuh dan 1 proses rawat. Untuk jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 24 orang, selesai Pengawasan 24 orang, Proses Pengawasan Rumah Sakit dan proses pengawasan rumah 0.

PDP meninggal 3 orang dan hasil pemeriksaan lab PCR keseluruhannya negatif Covid-19.

Proses pemeriksaan lab PCR 34 orang yang terdiri dari PDP diperiksa 24 orang , hasilnya 2 positif, 22 negatif , ODP diperiksa 5 orang hasilnya 5 negatif dan OTG diperiksa 5 orang hasilnya 3 positif, 2 negatif. Rapid test sudah dilakukan pada 720 orang , hasilnya 12 reaktif yang terdiri 6 PDP, 5 OTG, 1 ODP, dan sisanya 708 orang non reaktif atau negatif.

Sementara jumlah ODP 281 orang , selesai pemantauan 279 orang dan 2 orang proses pemantauan 2 orang yang meliputi Kundur Utara 1 orang Moro 1 orang dan 10 kecamatan lainnya yakni Karimun, Tebing,Meral, Meral Barat,Buru,Belat, Kundur Barat, Tanjung Batu, Ungar dan Durai 0 atau nihil.

Editor: Gokli