PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cegah Penularan Covid-19, Tombol Lift Mal di Thailand Diubah Jadi Pedal Kaki
Oleh : Redaksi
Kamis | 21-05-2020 | 12:52 WIB
tombol-lift.jpg honda-batam
Pedal kaki di lift Seacon Square Bangkok. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Bangkok - Menghadapi situasi new normal di tengah pandemik Covid-19 saat ini, manusia harus bisa lebih kreatif dan inovatif untuk mencegah penularan virus.

Salah satunya seperti yang dilakukan sebuah mal di Thailand, Seacon Square Bangkok. Pihak mal berusaha untuk mencegah penyebaran virus corona baru dengan mengganti tombol lift dengan pedal kaki. Itu dilakukan mengingat tombol lift merupakan sarang kuman, bakteri, dan virus yang kerap digunakan oleh banyak orang.

"Mereka melakukan pekerjaan dengan baik dalam mempersiapkan ini. Saya merasa jauh lebih aman karena kami menggunakan tangan kami untuk melakukan berbagai hal sepanjang waktu," ujar seorang pelanggan, Watcharaporn.

"Sekarang kita bisa menggunakan kaki kita untuk menekan lift, itu sangat bagus," tambahnya seperti dimuat CNA, Kamis (21/5/2020).

Menurut Wakil Presiden Seacon Development, Prote Sosothikul, pihaknya berusaha untuk memberikan ketenangan pada pelanggan dan meminimalisir ketakutan akan penyebaran virus corona baru.

"Cara termudah untuk terinfeksi adalah ketika anda menyentuh benda yang telah terkontaminasi. Akhirnya, sentuh wajahmu dan virus itu akan masuk ke mulutmu, matamu, atau apa pun. Jadi, kami datang dengan gagasan lift bebas tangan yang dioperasikan dengan kaki," paparnya.

Thailand sendiri mulai membuka mal dan toserba pada Minggu (17/5/2020) untuk pertama kalinya sejak kuncian pada Maret. Pembukaan mal merupakan tahap dua relaksasi seiring dengan melambatnya jumlah kasus baru di sana.

Meski hanya mengonfirmasi 3.034 kasus Covid-19 dengan 56 kematian. Perekonomian thailand mengalami konstraksi yang paling tajam dalam delapan tahun terakhir.

Thailand yang merupakan ekonomi terbesar kedua di Asia Tenggara diperkirakan akan masuk ke dalam resesi yang lebih cepat dari yang diprediksi sebelumnya.

Sumber: RMOL
Editor: Dardani