Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Di RSKI Covid-19 Galang, Menko PMK Tebar Optimisme Hadapi Covid-19
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 20-05-2020 | 12:08 WIB
menteri-pmk-galang-batam.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy saat berada di RS Galang Batam. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengunjungi mess perawat yang berada satu komplek dengan Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Covid-19 di Pulau Galang, Kota Batam, Selasa (19/05/2020).

Pada kesempatan itu, Muhadjir menjelaskan, saat ini di RSKI Galang terdapat 95 pasien Covid-19. Sedangkan total kapasitas tempat tidur dari rumah sakit yang dibangun atas inisiatif Presiden Jokowi itu dapat mencapai 360 tempat tidur.

"Dari 95 orang yang dirawat di sini, Alhamdulillah dalam keadaan baik, tidak ada satupun yang mengalami fatalitas. Itu artinya kita patut bersyukur antisipasi terburuknya tidak terjadi dan Indonesia masih mendapatkan kondisi sangat baik dalam menghadapi Covid-19," ujar Menko PMK Muhadjir.

Muhadjir juga menekankan, kondisi demikian tidak berarti masyarakat boleh lengah, melainkan justru harus meningkatkan kewaspadaan dan terus menjaga kehati-hatian sampai wabah Covid-19 betul-betul tuntas.

Terlebih, jika nanti memasuki era 'new normal life' atau kehidupan normal kembali pasca Covid-19, masyarakat diimbau tetap mempertahankan perilaku hidup bersih dan beradaptasi dengan keadaan normal yang baru.

"Bagaimanapun covid ini harus kita hadapi. Ke depan, selain tindak tanduk kita yang harus menyesuaikan dengan perilaku virus Covid-19 ini, salah satunya adalah kita siapkan rumah sakit yang memang akan melayani Covid-19 seperti yang ada di Pulau Galang," ucapnya.

Bahkan menurut rencana, RSKI Covid-19 Galang nantinya akan digunakan untuk melayani para pekerja migran. Sebagaimana diketahui, Pulau Galang adalah penyeberangan masuknya para pekerja Indonesia yang bekerja di luar, khususnya di negeri tetangga Malaysia.

"Ini nanti akan kita bicarakan kembali, syukur-syukur bisa jadi rumah sakit rujukan utama. Karena posisinya Batam yang strategis, maka rumah sakit ini menjadi sangat strategis untuk kepentingan pelayanan khusus wilayah Batam dan wilayah Indonesia bagian barat," tutur Menko PMK.

Di saat yang sama, Menko PMK yang didampingi para pejabat lainnya juga tak lupa mengucapkan terima kasih atas dedikasi para dokter, tenaga medis, dan juga tenaga teknisi yang telah berjasa di RSKI Covid-19 Galang.

"Kepada para dokter, tenaga kesehatan, tenaga teknisi yang telah mendedikasikan diri untuk rumah sakit ini, saya ucapkan terima kasih," tutur Menko PMK.

Tidak hanya itu, Muhadjir juga berkunjung ke Desa Sijantung, Kecamatan Galang, Kota Batam, untuk menyerahkan secara langsung bantuan sosial (Bansos) Presiden kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

Editor: Dardani