PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tangani Pasien Diduga Terinfeksi Covid-19

Sebelum Dapat Bantuan APD, Paramedis Pustu Batu IV Tanjungpinang Gunakan Jas Hujan
Oleh : Redaksi
Kamis | 09-04-2020 | 16:36 WIB
ilus-apd-jas-hujan.jpg honda-batam
Ilsutrasi.

BATAMTODAY.COM, Tanungpinang - Sejumlah paramedis di Puskesmas Pembantu Batu IV Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau menggunakan jas hujan dalam menangani pasien yang diduga terinfeksi Covid-19.

Staf Puskesmas Pembantu Batu IV Tanjungpinang, dr Vivi mengatakan, jas hujan digunakan paramedis lantaran mereka tidak memiliki alat perlindungan diri (APD) sesuai standar kesehatan.

Ia menuturkan, paramedis tidak mungkin menghindar atau membiarkan pasien di tengah keterbatasan APD. Pasien Covid-19 harus ditangani secara maksimal oleh paramedis.

Karena itu, mereka menggunakan jas hujan untuk melindungi diri agar tidak tertular Covid-19. "Kami membutuhkan APD untuk melindungi paramedis yang menangani Covid-19," katanya, seperti dilansir laman resmi Diskominfo Kepri.

Vivi pun memberi apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada berbagai elemen masyarakat yang memberi bantuan APD kepada paramedia yang bertugas di Puskesmas Pembantu Batu IV.

"Kami menerima bantuan APD untuk paramedis," ucapnya.

Perhimpunan Indonesia Tionghoa Pusat (INTI) bersama Relawan Covid-19 Tanjungpinang dan PERPAT Tanjungpinang memberikan baju hazmat untuk Puskesmas Pembantu Batu IV. Puskesmas ini termasuk salah satu unit pelaksana penanganan kesehatan masyarakat pertama ketika terdapat masyarakat yang terdeteksi Covid-19.

"Kami tidak menyangka, masih ada paramedis di Puskesmas yang melayani pasien Covid-19 menggunakan jas hujan. Semoga Allah melindungi paramedis sebagai garda terdepan penanganan Covid-19," kata Agung, Relawan Covid-19 Tanjungpinang.

Selama sebulan terakhir, Relawan Covid-19 fokus membantu paramedis di RSUP Kepri. "Ke depan kami akan membagi bantuan ke Puskesmas yang melayani pasien Covid-19," ucapnya.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepri, Tjetjep Yudiana mengatakan, bantuan yang diberikan berbagai elemen masyarakat kepada paramedis yang menangani pasien Covid-19 sangat dibutuhkan.

"Kami ucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang kompak menjalankan misi kemanusiaan untuk percepatan penanganan Covid-19," katanya.

Editor: Gokli