PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Karantina Wilayah di Kota Batam Bakal Diberlakukan Secepatnya
Oleh : Putra Gema
Selasa | 31-03-2020 | 15:40 WIB
karantina-wilayah-batam.jpg honda-batam
Wali Kota Muhammad Rudi dan Wakilnya Amsakar Achmad saat mengumumkan bakal memberlakukan karantina wilayah di Kota Batam, Selasa (31/3/2020). (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam waktu dekat, karantina wilayah bakal dilakukan di Kota Batam. Hal ini sesuai dengan adanya pidato Presiden RI Joko Widodo mengenai wacana pemberlakuan darurat sipil sebagai langkah memutus penyebaran Covid-19.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengatakan, wacana karantina wilayah ini akan diberlakukan dalam waktu dekat.

Hal ini menjadi pembahasan utama dalam rapat bersama seluruh unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kota Batam di dataran Engku Putri, Batam Center, Selasa (31/3/2020) pagi.

"Intinya semua masyarakat Kota Batam akan kita minta untuk melakukan karantina mandiri di kediamannya masing-masing. Dan kurangi aktivitas di luar rumah, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19," Kata Rudi, usai rapat bersama Muspida.

Diungkapkannya, untuk tahap awal sebelum peraturan ini mulai dilaksanakan, pihaknya akan melakukan pendataan terlebih dahulu bagi warga tidak mampu dan juga warga yang penghasilannya akan terdampak langsung dengan pemberlakuan peraturan karantina wilayah.

Adapun kriteria warga yang penghasilannya terdampak langsung, Rudi mencontohkan salah satunya adalah para diriver ojek online, ataupun warga yang masuk kategori pekerja lepas harian.

Tidak hanya itu, saat ini bekerjasama dengan Badan Pengusahaan (BP) Batam, Pemko juga akan mengadakan pembagian paket sembako selama peraturan tersebut mulai dilaksanakan.

"Untuk ini, dana memang sudah terkumpul. Namun kita masih menunggu kuota sembako kita yang sudah kita pesan. Begitu ini datang, dan pendataan sudah selesai maka peraturan akan kita laksanakan," ujarnya.

Sementara untuk pengamanan selama karantina wilayah diberlakukan, Rudi menuturkan, hal ini akan menjadi konsen dari aparat keamanan mulai dari Kepolisian, TNI, Satpol PP, dan juga Ditpam BP Batam.

Editor: Gokli