Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Transit di Jakarta

39 WNA Asal Tiongkok ke PT BAI Masuk dari Thailand
Oleh : Harjo
Selasa | 31-03-2020 | 14:21 WIB
wna-china-masuk-bintan2.jpg Honda-Batam

PKP Developer

WNA asal China saat berada di pelabuhan Bulanglinggi Tanjunguban Bintan. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Sebanyak 39 WNA asal China yang masuk ke Bintan dan akan bekerja di PT Bintan Alumina Indonesia (BAI) Galang Batang, Kabupaten Bintan, masuk Indoensia melalui pemeriksaan Imigrasi Bandara Sukarno Hatta Jakarta. Selanjutnya, mereka terbang ke Batam sebelum menuju Bintan, Senin (31/3/2020).

Salah seorang pengurus 39 WNA asal China, Hendra, kepada BATAMTODAY.COM di Pelabuhan Bulanglinggi Tanjunguban mengatakan, WNA yang baru tiba dari Batam, memiliki riwayat perjalanan tidal langsung dari China, melainkan semumnya sudah dari Thailand.

"Mereka memiliki surat keterangan kesehatan dari Kamboja, di mana sebelum masuk Indonesia melalui pemeriksaan Bandara Sukarno Hatta, mereka melalui negara Thailand," ungkap Hendra yang didampingi oleh Sunarto.

BACA: Di Tengah Maraknya Wabah Corona, 39 WNA Asal Tiongkok Masuk ke PT BAI Bintan

Ditanya jabatan keduanya di PT BAI, baik Hendra dan Sunarto, mengaku hanya penjemput. Namun tidak menampik kalau 39 WNA tersebut datang ke PT BAI tujuannya untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Saat masuk Pelabuhan Bulanglinggi, 39 WNA yang dibawa oleh dua kapal cepat atau speed boat carteran tersebut, sudah ditunggu oleh pihak KKP, Imigrasi, Sahbandar dan Kepolisan.

Selanjutnya, dilakukan pemeriksaan dan langsung naik bus nomor polisi BA 7147 RM yang sudah tersedia untuk membawa menuju PT BAI Galang Batang.

Editor: Dardani