Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

ATB Perkuat Jalur Pipa Baru, Suplai Air di Melcem Mengalir Lancar
Oleh : Redaksi
Senin | 30-03-2020 | 19:20 WIB
pasang-pipa-air.jpg Honda-Batam
Petugas tengah menggelar pipa distribusi baru sepanjang 2,3 Km, guna meningkatkan keandalan suplai air di area Melcem dan Tanjung Sengkuang. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Adhya Tirta Batam (ATB) lakukan investasi penguatan jaringan pipa distribusi baru sepanjang 2,3 KM, guna meningkatkan keandalan suplai air di area Melcem dan Tanjung Sengkuang, ditengah pertumbuhan penduduk.

Kini suplai air di wilayah ujung pipa tersebut telah mengalir lancar. Warga pun memberikan apresiasi terhadap upaya ATB telah menyelesaikan pekerjaan penguatan jaringan pipa.

"Kini siang hari air sudah mengalir, mudah-mudahan ke depannya akan seperti ini bisa mengalir 24 jam. Terima kasih kepada manajemen ATB atas difungsikannya penyambungan jalur pipa baru melalui Simpang Melcem," jelas Rinaldi warga Sengkuang Raya, Senin (30/3/2020).

Sebelumnya suplai air di kawasan Sengkuang Raya mengalir pada jam tertentu saja di malam hari khususnya pada pukul 23.00 - 05.00 WIB. Setiap hari warga disibukkan dengan mempersiapkan tampungan air.

Sejak Minggu (29/3/2020) siang suplai air sudah mengalir dengan lancar. "Aliran air ATB di perumahan Sengkuang Raya terutama yang berada dilokasi dataran tinggi sudah melai mengalir sampai hari ini," ucap Rinaldi.

Head of Corporate Secretary ATB, Maria Jacobus menambahkan, pekerjaan penguatan suplai dilakukan untuk meningkatkan keandalan supai, sekaligus menambah potensi pengembangan suplai dimasa akan datang. Mengingat Melcem hingga Tanjung Sengkuang merupakan wilayah dengan pertumbuhan pelanggan yang cukup tinggi.

Ada dua jenis pipa yang ditanam yakni pipa berdiameter 225 mm sepanjang 925 meter dan diameter 160mm sepanjang 1,600 meter, total panjang pipa 2,3 Km. "Dengan jalur baru ini yang melewati Kampung Air Raja, suplai bisa mengalir lebih baik. Bahkan pelanggan yang berada di wilayah tinggi sudah bisa menggunakan air disiang hari," tambah Maria.

Upaya dan dedikasi ATB menjelang 25 Tahun mengabdi dapat memberikan layanan berkualitas. Meski berada di penghujung konsesi ATB tetap mengutamakan layanan air bersih ke pelanggan.

"Semua yang kami lakukan adalah untuk pelanggan, kami akan tetap memberikan pelayanan optimal sampai akhir konsesi, tak usah khawatir. Kami berharap dipenghujung konsesi ini suplai akan jauh lebih baik, khususnya daerah-daerah ujung pipa," ujar Maria.

Kendati suplai air telah membaik, namun ATB tetap mengingatkan pelanggan untuk bijaksana menggunakan air. Apalagi saat ini kondisi air di waduk Duriangkang terus mengalami penyusutan. Waduk Duriangkang adalah tulang pungggung kebutuhan air bersih di Kota Batam.

ATB mengimbau pelanggan untuk menggunakan air seperlunya. Budayakan 3R (Reuse, Reduce, Recycle). Gunakan air bersih hanya untuk kebutuhan yang penting saja.

"Kita harus sadar, bahwa Batam adalah kota dengan sumber air yang terbatas. Gunakan air seperlunya, bukan secukupnya," tutup Maria.

Editor: Gokli