PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sebanyak 2.400 Alat Rapid Test Covid-19 Telah Diserahkan ke Dinkes Kepri
Oleh : Redaksi
Sabtu | 28-03-2020 | 19:36 WIB
rapid-covid-19.jpg honda-batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Dua dus alat rapid test Covid-19 telah tiba di Kepri. Alat sebanyak 2.400 unit itu diserahkan Komandan Lanud Hang Nadim, Letkol Pnb Urip Widodo kepada Dinkes Kepri, Kamis (26/3/2020).

Alat itu akan digunakan untuk mengetes para TKI atau pekerja migran Indonesia (PMI) yang baru kembali dari Malaysia.

Alat rapid test tersebut dikemas dalam dua dus besar. Dalam masing-masing dus terdapat 60 kotak. Yang masing-masing kotak dapat digunakan untuk mengambil sampel bagi 20 orang.

"Jadi dalam dua dus itu bisa digunakan untuk 2.400 orang ya, tadi sudah kami serahkan ke Dinas Kesehatan Pemprov," ujar Urip, seperti dilansir laman resmi Diskominfo Kepri.

Alat tersebut nantinya akan digunakan untuk mengambil sampel para PMI yang baru pulang dari Malaysia. Saat ini para PMI tersebut sedang dikarantina di Tanjungbalai Karimun.

"Dari informasi yang saya terima dari dokter Lastri (Dinas Kesehatan Pemprov), alat itu nantinya digunakan untuk PMI yang ada di Tanjungbalai Karimun," kata Urip.

"Alamatnya memang ditujukan kepada Lanud Batam dan Tanjungpinang, tetapi peruntukannya memang untuk TKI dan diakomodir oleh Dinkes Pemprov Kepri," katanya lagi.

Editor: Gokli