PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Panglima TNI Pastikan RS Khusus Covid-19 di Pulau Galang Beroperasi Mulai 30 Maret
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 25-03-2020 | 13:53 WIB
panglima-tinjau-rs-vietnam.jpg honda-batam
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis serta Menteri PUPR saat meninjau RS di bekas Camp Vietnam Pulau Galang Batam. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pembangunan Rumah Sakit (RS) Khusus penyakit menular atau untuk pasien Covid-19 di Camp Vietnam Pulau Galang, Kecamatan Galang, Kota Batam, diharapkan bisa beroprasi mulai Senin 30 Maret 2020, mendatang.

Hal itu dipastikan setelah Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis serta Menteri PUPR Basuki Hadi Mulyono meninjau langsung pengerjaan rumah sakit yang dikerjakan oleh PT Waskita dan PT Wijaya Karya (WIKA) itu, Rabu (25/03/2020).

"Kita tadi sudah sama-sma melihat proses pengerjaan. Tiga hari lagi pengerjaannya diharapkan sudah siap sesuai target yang kita harapkan," ujar Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto usai melakukan peninjauan sekitar pukul 11.12 WIB.

"Meski akan siap pembangunannya pada Sabtu 28 Maret, kita masih perlu membutuhkan waktu untuk melatih tenaga medis agar bisa mengoperasikan rumah sakit ini secara efektif. Senin 30 Maret rumah sakit ini bisa dioprasionalkan, dan itu harapan kita semua," tambah Hadi.

Ia mengatakan, saat ini pembangunan ruang observasi dan ruang isolasi sudah masuk 78 persen, sementara pembangunan mess dokter sudah rampung 90 persen.

Ia menjelaskan, pembangunan akan terus dilaksanakan sampai dengan target 28 Maret. Saat ini untuk ruang observasi sudah siap sebanyak 340 tempat tidur dan ruang isolasi sudah siap 20 tempat tidur.

"Ruang isolasi dan observasi ini beda. Karena ruang isolasi yang kita bangun adalah ruang ICU, sehingga dilengkapi udara pendingin, oksigen dan kamar mandi di dalam," ujarnya.

Sementara itu, Staf Ahli Kementerian PUPR, Ahmad Gani, mengatakan tidak ada kendala dalam pembangunan RS penyakit menular di Camp Vietnam Pulau Galang, sejak dibangun pada 8 Maret 2020. Baik dari segi penyediaan air, maupun listrik.

"Pembangunan ruang mess dokter ini susah masuk 90 persen, tinggal masuk furniture, tempat tidur, lemari, peralatan medis dan lainnya," ujar Gani.

Editor: Dardani